Lompat ke konten

Wapres Ma’ruf Amin Kunjungan Kerja ke Rembang, Bahas soal Toleransi

REMBANG, Lingkar.news – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengunjungi Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, pada hari ini Sabtu, 27 Januari 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin menghadiri peringatan Haul ke-52 Mbah Ma’shum Lasem di Pondok Pesantren Kauman Lasem, Kabupaten Rembang.

Acara ini digelar bukan hanya untuk memperingati Haul Mbah Ma’shum saja, melainkan juga digelar untuk memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-101 Nahdlatul Ulama. 

Kemudian, Wapres Ma’ruf Amin juga dijadwalkan akan meresmikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayat Lasem sebagai kampus multikultural. 

“Lasem adalah kota toleransi, yang mana ada Pondok Pesantren yang berada di tengah-tengah kota Tionghoa seperti ini,” kata Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Lasem memang kota dengan berbagai budaya, agama, dan keunikan di dalamnya. Terdapat bangunan-bangunan tua yang mengukir suatu cerita tersendiri. Meski demikian, masyarakat Lasem tetap damai dan saling toleransi.

Terpantau, selama acara berlangsung, penjagaan ketat dilaksanakan oleh beberapa tim, mulai dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres), Barisan Serbaguna (Banser), Keamanan Pondok Pesantren dan masih banyak lagi. 

Hal ini dilakukan tentunya agar acara dapat berjalan dengan lancar dan menjaga keselamatan Wapres Ma’ruf Amin dan tamu undangan yang hadir. 

Sebelumnya, Wapres Ma’ruf Amin didampingi istri Wury Ma’ruf Amin bertolak ke Jawa Tengah untuk melakukan kunjungan kerja, pada Jumat, 25 Januari 2024.

Selama kunjungan kerja ke Jateng, Wapres Ma’ruf Amin dijadwalkan akan mengunjungi 3 kota yaitu Kota Semarang, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Pati.

Agenda pada Sabtu, 27 Januari 2024, sekitar pukul 09.40 WIB, menggunakan Helikopter VVIP Kepresidenan, Wapres dan rombongan dijadwalkan lepas landas menuju Helipad Lapangan SDN 2 Jolotundo, Lasem, Kabupaten Rembang.

Di kabupaten yang terkenal dengan julukan “The Cola of Java”, “Little Tiongkok”, dan Kota Garam tersebut, Wapres diagendakan menghadiri Haul ke-52 K.H. Ma’shum Ahmad dan Harlah Ke-101 Nahdlatul Ulama (Nu) di Pondok Pesantren (Ponpes) Kauman Lasem, Desa Jalan, Mahbong, Karangturi.

Selepas acara, Wapres direncanakan kembali ke Helipad Lapangan SDN 2 Jolotundo, Lasem, menuju Stadion Gelora Sugondo, Kabupaten Pati, untuk ziarah ke Makam Mbah Mutamakkin dan silaturahmi dengan para ulama Pati di Pondok Pesantren Maslakul Huda, di Kajen, Margoyoso. (Lingkar Network | Yunita Suci Rahayu – Anta – Lingkar.news)