Lompat ke konten

TPS di Depok Dihias Bak Kerajaan Nusantara, Ada Kendaraan Khusus untuk Lansia

DEPOK, Lingkar.news – Pemilihan umum 2024 lingkungan RW 03 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas membuat kampung pemilu tempat pemungutan suara (TPS) berkonsep Kerajaan Nusantara.

“Pemilu 2024 kami buat TPS berkonsep Kerajaan Nusantara. Pemilu sebelumnya kami konsep karnaval,” kata Ketua RW 03 Nuryadin Rahman di Depok, Selasa, 13 Februari 2024.

Nuryadin menjelaskan, TPS dengan konsep Kerajaan Nusantara karena nuasa politik di Indonesia saat ini. Jadi setiap TPS yang ada di RW 03 Kelurahan Depok Jaya didekorasi kerajaan yang ada di Nusantara.

“Di satu lokasi kita konsep Kerajaan Nusantara totalnya ada tujuh TPS. Kami pun buat gerbang masuk dengan konsep gerbang seperti Kerajaan Majapahit,” tuturnya.

Di TPS berkonsep Kerajaan Nusantara ini nanti ada tempat bermain anak-anak dan bazar UMKM.

“Tempat bermain kita tempatkan, jadi ketika orang tua memilih anak-anaknya bisa main,” ungkapnya.

Pihaknya menyampaikan, panitia atau KPPS juga menyediakan kendaraan odong-odong untuk menjemput para pemilih lansia.

“Ada odong-odong untuk menjemput lansia, di RW 03 ada empat blok ada shelter. Odong-odong dibentuk dan dihias jadi kendaraan kerajaan,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya mengundang pejabat di lingkungan pemerintah kota dan pusat.

“Pemilu sebelumnya TPS di lingkungan kami didatangi pejabat nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kampung Pemilu Kerjaan Nusantara Syarifuddin mengatakan petugas KPPS yang bertugas di tujuh TPS mengenakan pakaian adat sesuai konsep kerjaan.

“Pakai bajut adat mereka yang bertugas sebagai petugas KPPS,” kata Syarifuddin.

Syarifuddin menyebutkan ada tujuh TPS berkonsep Kerajaan Nusantara yaitu Kerajaan Aceh, Sunda Kelapa, Jawa Tengah, Bali, Toraja, Medan dan Pasundan.

“Nanti ada odong odong buat antar jemput pulang dan pergi. Khusus buat lansia sehingga hak suara mereka bisa tersampaikan,” tuturnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)