Lompat ke konten

Tiba di Pati, Wapres Ma’ruf Amin Kunjungi Ponpes Maslakul Huda

PATI, Lingkar.news – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin berkunjung ke salah satu pondok pesantren di Pati pada Sabtu siang, 27 Januari 2024 sekitar pukul 13.30 WIB dengan mengenakan helikopter pribadi.

Rombongan Wapres Ma’ruf Amin yang terdiri dari dua helikopter mendarat mulus di lapangan sepakbola Safin turut Desa Mojoagung, Kecamatan Trangkil setelah sebelumnya melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang.

Kedatangan orang nomor dua se-Indonesia ini disambut antusiasme ribuan warga Pati yang berjejer rapi disepanjang Jalan Pati-Tayu, hingga Makam Syekh Mutamakkin di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso.

Dengan didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dan Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Wapres Ma’ruf memiliki dua agenda dalam lawatannya di Bumi Mina Tani.

Dalam kunjungan pertama, Wapres Ma’ruf Amin menyempatkan diri untuk berziarah di Makam Syekh Mutamakkin yang merupakan penyebar Islam di wilayah Pati Utara pada zaman dulu.

Sempat diwarnai rintik hujan, sekitar pukul 14.30 WIB, Wapres kemudian bergeser mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Maslakul Huda untuk bertemu dengan para kiai.

Sayangnya, Wapres enggan memberikan komentar kepada awak media terkait maksud tujuan kunjungannya di dua tempat di Desa Kajen itu.

KH Abdul Ghoffarrozin selaku pengasuh Ponpes Maslakul Huda mengatakan, kedatangan Ma’ruf Amin ke pondoknya ini dalam rangka bertemu dengan beberapa kiai yang ada di sana.

Selain itu, dikatakan juga dalam lawatannya ini Wapres berpesan agar para kiai dan santri turut menjaga kondusifitas sebelum, saat, dan sesudah Pemilu.

“Intinya menjaga kondusifitas para santri menjelang Pilpres serta jelang tahun politik ini,” singkat KH Abdul Ghoffar.

Ia menambahkan, kedatangan Wapres di ponpesnya bukan kali pertama. Sebab sebelum menjabat sebagai orang nomor dua di Indonesia, Wapres Ma’ruf juga sempat melakukan lawatan ke Kajen.

“Sebenarnya ini bukan kunjungan yang pertama kali beliau. Dulu sebelum jadi (Wapres) juga sempat kesini. Tapi ketika menjabat sebagai Wapres baru pertama kali ini,” tandasnya.

Pasca lawatannya ke Pati, sekitar pukul 16.00 WIB, Ma’ruf Amin beserta rombongan kemudian bergegas untuk kunjungan kerja selanjutnya menuju Kota Semarang. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkar.news)