Lompat ke konten

Terapkan Filosofi Jawa, Prabowo Komitmen Berjuang dalam Kebaikan

JAKARTA, Lingkar.news Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto mengatakan bahwa, salah satu hal yang ia pelajari dari membaca buku filsafat ialah tujuan yang baik akan membawa seseorang menuju arah yang baik pula.

Hal ini disampaikan oleh Capres Prabowo Subianto sebagaimana keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, pada Rabu, 24 Januari 2024.

“Hobi saya buku, saya baca banyak filsafat inspirasi dari buku-buku pelajaran, dari filosofi Tiongkok kuno ada beberapa kalimat luar biasa, ada saatnya bahwa Anda tidak bisa melawan alam. Ikuti alam, kalau tujuan kita baik akan membawa ke arah yang baik,” kata Prabowo.

Selain itu, ia juga berpegang pada filosofi Jawa yang mengajarkan menang tanpa menjatuhkan atau menyakiti. Hal itu, katanya, dia terapkan dalam perjalanannya pada kontestasi Pilpres 2024.

“Jadi debat pun begitu kan. Kalau mengerti filosofi nenek moyang kita, ada dari Jawa, orang tua saya ngajarin ‘menang tanpo ngasorake’, menang tanpa menyakiti. Nah, itu dijalankan oleh Pak Jokowi. Dia menang, tapi dia tidak mau menyakiti saya. Itu leadership (kepemimpinan, red.). Menang tanpa menyakiti,” ujarnya.

Prabowo pun mengadopsi filosofi ojo rumongso iso bahwa, manusia sebaiknya tidak merasa bisa, melainkan bisa merasakan. Menurutnya, dengan filosofi tersebut dapat menyelesaikan perbedaan pendapat dengan baik.

“Dengan filosofi ini, kita bisa selesaikan perbedaan pendapat, kita selesaikan dengan baik,” kata dia.

Ia menegaskan akan akan berjuang dalam kebaikan untuk memenangi Pilpres 2024.

“Intinya kita harus ke arah kebaikan,” tutur pasangan Gibran Rakabuming Raka itu.

Hal itu disampaikan Prabowo pada kesempatannya memenuhi undangan Relawan Erick Thohir Alumni Amerika Serikat For 02 (ETAS) yang digelar di XXI Lounge, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)