Lompat ke konten

Telan Anggaran 5,7 M, 184 Kades di Jepara Terima Motor Dinas NMax

JEPARA, Lingkarjateng.id – Sebanyak 184 kepala desa (kades) di Kabupaten Jepara mendapatkan motor dinas baru jenis Yamaha NMax. Motor plat merah tersebut diserahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara kepada para petinggi desa bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-474 Kabupaten Jepara.

Ratusan motor dinas NMax warna merah diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta, kepara para kades usai upacara HUT ke-474 Kabupaten Jepara pada Senin, 10 April 2023 sore di halaman Kantor OPD Bersama.

Pj Bupati Jepara Wanti-Wanti Kades dan Camat Tak Terlibat Korupsi 

Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta mengatakan bahwa sebenarnya motor dinas bagi kepala desa sebelumnya memang sudah ada. Namun, kondisinya dinilai kurang layak karena termakan usia. Maka dari itu, pada tahun ini diganti dengan motor baru yang lebih layak.

“Dengan motor baru, akan lebih semangat memberi pelayanan cepat kepada warga masyarakat,” ungkapnya.

Kendati begitu, Pj Bupati Edy berpesan kepada para kades bahwa motor baru ini bukan untuk gaya-gayaan, tetapi harus digunakan sesuai dengan peruntukannya. Salah satunya yaitu untuk melayani masyarakat yang berada di pelosok desa.

Lomba Desa, Para Kades Adu Ide Depan Bupati Jepara

“Jika digunakan tidak sesuai peruntukannya atau diganti dengan plat hitam, akan saya jewer,” tegasnya.

Ia menyebutkan, anggaran pengadaan motor dinas baru untuk kepala desa itu sebesar Rp 5,7 miliar yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jepara murni 2023.

“Pemerintah menganggarkan satu motornya seharga Rp 31,5 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Kabupaten Jepara, Edy Khumaidi Muhtar, menyatakan bahwa para kades memilih motor jenis Yamaha NMax untuk operasional karena sudah teruji kualitasnya.

“Dengan sepeda motor baru ini, semoga memuluskan kerja seluruh kades. Semakin lancar dan semakin jaya desanya,” ucapnya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)