Lompat ke konten

Tarik Suara Anak Muda, Ganjar-Mahfud Aktif Manfaatkan Media Sosial

JAKARTA, Lingkar.news Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengatakan bahwa, pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD aktif dalam membangun komunikasi dengan anak muda.

Menurutnya, hal itu merupakan strategi dalam menarik suara anak muda sebagai pemilih pemula di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Ia mengungkapkan, cara tercepat dalam menarik suara anak muda adalah dengan menggunakan media sosial, seperti Instagram hingga TikTok.

“Sebanyak-banyaknya berinteraksi dengan mereka (anak muda) dalam berbagai cara,” ujar Andi di Menteng, Jakarta, pada Jumat, 5 Januari 2024.

Berdasarkan daftar pemilih tetap untuk Pemilu 2024, dari total 204,8 juta pemilih, sekitar 106,3 juta atau 52 persen berusia 17-40 tahun. Jika dirinci, persentase pemilih berusia 17-30 tahun mencapai 31,29 persen dari total pemilih dan 31-40 tahun sebanyak 20,7 persen.

“Mas Ganjar, Pak Mahfud, Mas Sandi sangat-sangat sering menyapa mereka di TikTok. Sudah beberapa kali melakukan siaran TikTok malam-malam dengan mereka,” katanya.

Ganjar pun, lanjut dia, dalam acara-acara yang melibatkan anak muda selalu melakukan siaran langsung. Selain itu, lanjut Andi, Ganjar mempunyai agenda dengan anak muda saat kunjungan ke daerah.

Pihaknya mencontohkan ketika mendampingi Ganjar berkampanye di Semarang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu, ada sekitar 300 anak muda yang hadir. Di sana, mereka bisa langsung berinteraksi dengan Ganjar.

Pada saat itu, Ganjar berbicara tentang program ‘Gratisin’, yakni internet gratis bagi pelajar Indonesia. Program ini ternyata sangat ditunggu oleh anak muda. (Lingkar Network | Ant – Koran Lingkar)