Lompat ke konten

Tanah Longsor di Karanganyar Rusak Dua Ruang SMPN 1 Jenawi

KARANGANYAR, Lingkar.news Sebanyak dua ruang SMP Negeri 1 Jenawi Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah mengalami rusak parah akibat tertimpa material tanah longsor dampak hujan deras yang melanda daerah tersebut. Kedua ruang itu adalah kantor tata usaha (TU) dan ruang kelas.

Peristiwa talud longsor tersebut terjadi di atas gedung SMPN 1 Jenawi Karanganyar, pada Senin, 1 Januari 2024, sekitar pukul 21.00 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Hendro Prayitno di Karanganyar, pada Selasa, 2 Januari 2024 mengatakan, penyebab bencana tanah longsor diperkirakan akibat intensitas hujan tinggi hingga menggerus tanah di sekitar talud yang menyebabkan longsor menimpa dua gedung sekolah di bawahnya.

Ia mengatakan, kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun akibat peristiwa itu, kerugian ditaksir mencapai Rp 400 juta hingga Rp 500 juta.

Dia mengatakan, dari hasil koordinasi dengan pihak sekolah dua ruangan yang rusak tersebut merupakan gedung tata usaha (TU) dan kelas di SMPN 1.

Menurut dia, ketinggian talud yang longsor diperkirakan sekitar 4 meter dan panjangnya 6 meter. Tanah longsor tersebut menimpa ruang TU dan salah satu kelas di sekolah tersebut.

BPBD Karanganyar saat ini masih menunggu instruksi dari pihak sekolah maupun Dinas Pendidikan Kabupaten Karanganyar untuk melakukan evakuasi material longsor.

Sementara itu, Camat Jenawi Ardiansyah menjelaskan dampak dari kejadian tersebut aktivitas belajar mengajar di SMP Negeri 1 Jenawi terpaksa diliburkan sementara.

Menurut dia, hal tersebut untuk memastikan keselamatan para siswa SMPN 1 Jenawi setelah kejadian tanah longsor tersebut.

“Siswa diliburkan dulu, menunggu instruksi dari dinas terkait,” ujarnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)