Lompat ke konten

Sub PIN Polio di Banyumas, 197.527 Anak Diimunisasi

PURWOKERTO, Lingkar.news Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas Widyana Grehastuti mengatakan, kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di wilayah itu menyasar 197.527 anak usia 0-7 tahun 11 bulan 29 hari.

Widyana mengatakan, kegiatan Sub PIN Polio tersebut dilaksanakan selama dua putaran, yakni putaran pertama pada hari ini Senin, 15 Januari 2024 sampai dengan Rabu, 24 Januari 2024. Sedangkan putaran kedua pada Senin, 19 Februari 2024 sampai dengan Minggu, 25 Februari 2024.

Setiap putaran, kata dia, akan dilakukan sweeping selama lima hari pascakegiatan Sub PIN untuk menyisir anak-anak yang belum menjalani imunisasi polio.

Dia mengharapkan dengan adanya Sub PIN Polio, anak-anak memiliki imunitas yang lebih baik mengingat virus tersebut merupakan mutasi.

Pihaknya tetap waspada terhadap mutasi penyakit yang penularannya melalui air dan makanan yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung virus polio.

“Sub PIN Polio ini dilaksanakan serentak menyusul temuan kasus lumpuh layu akut di Kabupaten Klaten dan beberapa daerah lain,” kata Widyana, pada Senin, 15 Januari 2024.

Meskipun di Banyumas belum ada kasus polio, kata dia, ia berharap kegiatan ini bisa mencegah munculnya kasus polio.

“Di Banyumas belum ada kasus polio, namun kegiatan ini sebagai respons atas temuan kasus lumpuh layu akut di Klaten. Kami berharap dengan adanya imunisasi ini di Banyumas tidak ada kasus polio,” tuturnya

Oleh karena itu, kata dia, dalam pelaksanaan Sub PIN Polio tersebut anak-anak akan mendapatkan imunisasi novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2) tanpa memandang status imunisasinya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)