Lompat ke konten

Stadion GBK Jepara Akan Pakai Rumput Standar FIFA

JEPARA, Lingkarjateng.id – Renovasi Stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) Jepara masih dalam proses pengerjaan, terhitung sudah sekitar lima bulan proyek itu digarap. Meski terkesan lambat, namun pengerjaan itu direncanakan tetap rampung pada Oktober 2024 nanti.

Anggota Teknis Pelaksana Renovasi Pembangunan Stadion GBK Jepara Atho’ menjelaskan bahwa saat ini proses pengerjaan sudah mencapai sekitar 13 persen. Proses pengerjaan di area lapangan stadion di antaranya pemasangan drainase, pipa untuk menyiram rumput, dan geotekstil.

“Setelah ini akan dilaksanakan pemasangan rumput yang berstandar FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional). Cynodon dactylon adalah jenis rumput yang rencananya akan dipakai, sama seperti yang di stadion Qatar,” kata Atho’ saat ditemui tim Lingkar Jateng di kantornya.

Ia menyebutkan sebenarnya ada tiga macam rumput yang menjadi pilihan untuk Stadion GBK Jepara. Namun, karena lokasi stadion yang berdekatan dengan laut, maka dipilih jenis rumput cynodon dactylon.

“Kami mencari rumput yang tahan dengan air payau. Karena faktor lokasi juga, jadi tidak selamanya penyiraman rumput menggunakan air tawar,” tambahnya.

Dalam penanaman rumput itu, pihaknya mengaku butuh waktu sekitar 4-5 bulan, mula dari pembibitan sampai kuat dan siap pakai.

Ia juga mengungkapkan untuk sound system yang akan dipasang di Stadion GBK Jepara nantinya menggunakan vendor TOA. Hal ini, menurutnya, karena melihat referensi stadion-stadion di Indonesia yang sudah menggunakan jasa vendor tersebut dan teruji baik.

“Kalau untuk lighting nanti, masih menunggu akan pakai vendor yang mana. Intinya yang bagus dan siap dipakai untuk laga malam hari,” imbuhnya.

Pengerjaan proyek stadion saat ini sudah mulai berjalan di semua lini, baik dari dalam maupun luar stadion. Seperti pagar keliling stadion sudah selesai, pembangunan power house untuk tempat genset, serta pengecoran lantai, dan lainnya.

“Kami masih ada kendala terkait pemenuhan material stadion yang berstandar FIFA,” ucapnya.

Terakhir, ia memohon doa serta dukungan warga Jepara seluruhnya agar proses renovasi Stadion GBK Jepara dapat berjalan dengan lancar dan bisa rampung tepat waktu.

Sehingga, tim kebanggaan masyarakat Jepara yaitu Persijap bisa segera berlaga di kandangnya sendiri. (Lingkar Network | Muhammad Aminudin – Lingkarjateng.id)