Lompat ke konten

Siap-Siap! Pemkab Jepara Kembali Gelar Lomba Desa Tahun Ini, Hadiah Capai Rp 2,5 Miliar

JEPARA, Lingkarjateng.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara kembali menggelar lomba desa tahun 2024. Pada pagelaran lomba desa tahun ini, Pemkab Jepara telah menyiapkan hadiah sebesar Rp 2,5 miliar untuk para pemenang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko selaku Ketua Panitia Lomba Desa tahun 2024 menyampaikan, kegiatan lomba Desa merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan keberhasilan pembangunan di desa.

“Meskipun lomba ini bukan satu-satunya alat kontrol kemajuan desa,” katanya saat membuka Sosialisasi Pelaksanaan Lomba Desa di depan seluruh perwakilan desa dan kecamatan se-Kabupaten Jepara, di Pendopo R.A. Kartini, Jepara, Rabu, 17 Januari 2024.

Ia mengungkapkan, hadiah lomba desa yang disediakan di tingkat kabupaten ini jauh lebih besar dibandingkan lomba desa tingkat nasional yang hanya sebesar Rp 25 juta. Hal tersebut dilakukan untuk memacu desa-desa di Jepara agar serius mengupayakan kemajuan desa.

“Alhamdulillah, hasil lomba ini selalu mendapat apresiasi dari pemerintah provinsi. Terlebih Desa Tanjung (Pakisaji) yang menjadi juara 1 tahun 2023, tak hanya juara 1 tingkat provinsi, tapi bahkan dapat juara 5 tingkat nasional dan mendapat undangan ke upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke Istana Negara,” ujar Edy.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa Kabupaten Jepara Edy Marwoto mengatakan meski bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu 2024, lomba desa tahun ini tetap dilaksanakan. 

“Selain Pemilu, ada bulan Ramadan pada awal tahun. Maka saya minta kecamatan melakukan penilaian di tingkatnya lebih awal,” katanya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Lingkarjateng.id)