Lompat ke konten

Sekda Jepara Harap Petugas KPPS Makin Mantap Laksanakan Tugas

JEPARA, Lingkarjateng.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko mengatakan bahwa, simulasi yang dilakukan setelah bimbingan teknis ini harus benar-benar menunjukkan mantapnya persiapan Pemilu 2024.

“Kalau ini kalah mantap dengan simulasi yang dilakukan sebelum bimbingan teknis, berarti ada yang salah dengan bimbingan teknisnya,” kata Sekda Jepara saat menghadiri Simulasi Pemantapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024, pada Senin, 29 Januari 2024.

Sekda Jepara yang dalam kesempatan tersebut mewakili Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta berharap, para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) semakin mantap dan mampu melaksanakan tugas dengan baik setelah digelarnya kegiatan ini.

“Karena besok tanggal 14 Februari sudah bukan bimtek dan simulasi, melainkan tugas secara langsung,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara Ris Andi Kusuma mengatakan bahwa, simulasi kedua ini dimaksudkan untuk membuktikan bahwa KPU sudah benar-benar siap melaksanakan Pemilu.

“Dalam proses melayani pesta demokrasi ini kita dituntut membuktikan kredibilitas dan netralitas agar hasilnya betul-betul bisa diterima oleh masyarakat. Kita berharap berlangsung dalam kondisi daerah yang aman, kondusif, dan tenteram,” kata Ris Andi Kusuma.

Ia juga berpesan agar para anggota KPPS senantiasa menjaga kesehatan. Tak hanya itu, terkait dengan simulasi, ia meminta para anggota KPPS memperhatikan dengan betul simulasi tersebut.

“Kalau ada catatan dan kelemahan, hal itu akan dijadikan bahan evaluasi agar saat KPU memberi instruksi pelaksanaan Pemilu tidak meninggalkan persoalan,” pesannya.

Simulasi yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara itu, diawali dengan pengambilan sumpah para anggota KPPS, penyerahan dan pembukaan surat suara dan kotak suara, pemungutan suara, hingga tahap penghitungan suara.

Simulasi kedua ini digelar di aula Balai Besar Pengembangan dan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, pada Senin, 29 Januari 2024. Sedangkan simulasi pertama telah dilaksanakan di Gedung Wanita R.A. Kartini, beberapa waktu lalu.

Diketahui, pemungutan suara Pemilu serentak 2024 akan digelar pada Rabu, 14 Februari 2024. Pemungutan suara tersebut untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, Anggota DPD, Anggota DPRD Provinsi, dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Lingkarjateng.id)