Lompat ke konten

Sebut Pertemuan Cak Imin-Puan Hanya Gimmick, Habiburokhman: PKB-Gerindra Terikat KKIR

JAKARTA, Lingkar.news  – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, menilai pertemuan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Jakarta pada Kamis, 28 Juli 2023, sebagai “gimmick” politik jelang Pemilu 2024.

“Soal apakah ini sindiran dan lain sebagainya, itu kami maknai sebagai dinamika, sebagai gimmick ya menjelang pemilu, biasa-biasa saja,” kata Habiburokhman dalam pesan video yang diterima di Jakarta, pada Jumat, 28 Juli 2023.

Dia juga mengaku santai menanggapi pertemuan PKB yang merupakan rekan koalisinya di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dengan PDIP.

“Kami menanggapi santai saja pertemuan PKB dan PDIP, Gus Muhaimin dengan Mbak Puan Maharani itu memang sahabat kami di partai maupun individunya,” ujarnya.

Dirinya juga menegaskan kembali kerja sama politik Partai Gerindra dengan PKB yang masih terjalin sampai dengan saat ini di KKIR.

“Tentu kita paham PKB-Gerindra terikat dalam KKIR, di mana kami punya komitmen untuk maju ya, mengajukan capres dan cawapres yang kita sepakati bersama,” tuturnya.

Puan Bertemu dengan Airlangga dan Cak Imin Hari Ini, Ini Bocoran Pembahasannya

Sehingga, lanjut dia, keputusan terkait bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) akan ditentukan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar.

“Pada akhirnya segala sesuatu tentang penentuan capres cawapres akan secara rileks diputuskan oleh Pak Prabowo dan Gus Muhaimin Iskandar,” sambungnya.

Sebelumnya, pada Kamis, 27 Juli 2023, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Dia menegaskan bahwa PDIP dengan PKB memiliki hubungan baik sejak lama sehingga tidak memiliki kendala komunikasi di antara dua pimpinan partai tersebut.

Puan menegaskan pula bahwa dirinya serius saat menyebut Ketua PKB Muhaimin Iskandar sebagai salah satu kandidat bakal calon wakil presiden untuk mendampingi bakal calon presiden yang diusung PDIP Ganjar Pranowo.

“Saya serius, loh, waktu saya bilang kandidat cawapres, capres atau bakal capres-nya PDIP Pak Ganjar itu Cak Imin. (Cak Imin sempat bertanya) ‘Mbak tenanan (benar) enggak mbak ngomong begitu?’ (Saya jawab) yo bener mosok ngawur,” kata Puan usai bertemu Cak Imin di Widya Chandra, Jakarta Selatan, pada Kamis, 27 Juli 2023.

Adapun pada Minggu, 23 Juli 2023, Puan menyebut kandidat cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mengerucut lima nama, yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Sandiaga Uno, Erick Thohir, Andika Perkasa, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Lingkar Network | Koran Lingkar)