Lompat ke konten

SD Inpres Yafdas di Biak Numfor Papua Raih Juara Sekolah Jajanan Sehat dari BPOM

BIAK, Lingkar.news Sekolah Dasar Inpres Yafdas Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua menjadi sekolah percontohan jajanan sehat untuk anak di daerah setempat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Biak Numfor, Kamaruddin S.Pd pada Senin, 1 Januari 2024.

“Ditetapkan SD Inpres Yafdas sebagai sekolah jajanan sehat dari Badan Pengawasan Obat Makanan pada 2023 karena mendapat prestasi juara tingkat nasional,” kata Kamaruddin.

Diakuinya, dengan dijadikan percontohan sekolah jajanan sehat diharapkan SD Inpres Yafdas bisa dicontoh sekolah lain. Jajanan sehat anak sekolah, menurut Kamaruddin, berarti segala jajan yang dikonsumsi anak di sekolah bernilai gizi yang baik untuk menunjang tumbuh kembang anak.

“Kita harapkan di tahun ini ada lagi sekolah jajanan sehat di Kabupaten Biak Numfor,” harap Kadis Kamaruddin.

Dia mengharapkan, pengelola kantin sekolah di semua satuan pendidikan untuk memperhatikan jajanan siswa di sekolah untuk anak-anak makanan yang sehat, bersih dan mengandung asupan gizi.

“Dengan asupan gizi yang baik sehingga dapat mencegah munculnya kasus stunting anak sejak dini,” ujar Kamaruddin.

Kadis Pendidikan menyebut, ciri-ciri jajanan makanan sehat tidak mengandung gula, garam, dan lemak berlebih. Sedangkan ciri lain makanan sehat, lanjut dia, tidak tak ada zat pengawet berbahaya serta memiliki nilai gizi seimbang.

Diakui Kamaruddin, pihak Dinas Pendidikan Biak Numfor memberikan apresiasi atas keberhasilan SD Inpres Yafdas meraih prestasi sekolah jajanan sehat tahun 2023.

“Terima kasih kepada kepala sekolah SD Inpres Yafdas beserta dewan guru karena sudah membawa prestasi tingkat nasional,” sebut Kamaruddin. (Lingkar Network | Ant – Koran Lingkar)