Lompat ke konten

RSUD Soewondo Kendal Launching M-Edelweiss untuk Pelayanan Kesehatan Jiwa

KENDAL, Lingkar.news Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H Soewondo atau RSUD Soewondo Kendal melaunching M-Edelweiss untuk pelayanan kesehatan jiwa.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Soewondo Kendal, dr. Rochmiati mengatakan bahwa, M-Edelweiss merupakan aplikasi berbasis Android yang diciptakan oleh tim RSUD Soewondo Kendal. Aplikasi tersebut berguna untuk memantau pasien dengan gangguan jiwa setelah menjalani perawatan.

“Tujuannya untuk memantau pasien setelah dirawat dari ruang rawat jiwa Edelweiss RSUD Kendal,” kata dr. Rochmiati.

Ia menambahkan, aplikasi ini diciptakan khusus perawat Puskesmas. Sedangkan, tambahnya, yang memiliki akses untuk masuk ke aplikasi M-Edelweiss hanya para programer jiwa Puskesmas saja. 

RSUD Soewondo Kendal Buka Layanan Konsultasi Gratis selama PRK 2023

“Ada 30 Puskesmas yang dapat mengakses aplikasi tersebut,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, usai menjalani perawatan, pasien perlu dipantau karena orang dengan gangguan jiwa ini membutuhkan pemantauan yang tidak hanya dipantau oleh keluarga, namun juga perlu dipantau oleh perawat atau petugas.

Melalui M-Edelweiss, tambah dia, pihaknya dapat berkoordinasi dengan Puskesmas yang menangani pasien.

“Dengan aplikasi ini juga, kami dapat berkoordinasi dengan para perawat Puskesmas yang menangani orang dalam gangguan jiwa tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, dr. Rochmiati menyampaikan, cara kerja sistem M-Edelweiss yakni setelah pasien keluar, perawat akan melakukan input data kondisi pasien ke aplikasi M-Edelweiss, nantinya data tersebut akan diakses oleh Puskesmas.

“Setelah itu, data pasien seperti kondisi akhirnya bagaimana, lalu membutuhkan obat apa, itu langsung masuk ke programer jiwa yang ada di Puskesmas,” tuturnya.

Dengan adanya aplikasi M-Edelweiss, pihaknya berharap agar pasien benar-benar terpantau oleh petugas selama perawatan maupun sesudah menjalani perawatan. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Koran Lingkar)