Lompat ke konten

Rapat Paripurna, DPRD Jepara Setujui Perubahan APBD Tahun 2023

JEPARA, Lingkarjateng.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara menyetujui Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023. Penetapan dilakukan dalam rapat paripurna yang berlangsung di Ruang Rapat Graha Paripurna DPRD Jepara, pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Ketua DPRD Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif yang juga sebagai Ketua Badan Anggaran mengatakan, pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan APBD Tahun 2023, telah diselesaikan Sabtu, 19 Agustus 2023.

Pembahasan dilakukan bersama antara Banggar dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Jepara. Dua hari sebelumnya, Ranperda Perubahan APBD ini disampaikan eksekutif kepada legislatif.

“Setelah dilakukan pembahasan, pengkajian, dan penelitian, maka Badan Anggaran DPRD Kabupaten Jepara dapat menerima perubahan APBD tahun anggaran 2023,” kata Gus Haiz sapaan akrabnya.

Dalam ringkasan perubahan APBD yang dilaporkan, Gus Haiz menyebut, pendapatan daerah yang dalam penetapan dipatok sebesar Rp 2,39 triliun diturunkan menjadi Rp 2,364 triliun.

“Berkurang sebesar Rp 25,7 miliar,” ucapnya.

Sementara untuk belanja daerah, Gus Haiz menyebut, yang semula ditetapkan Rp 2,517 triliun turun menjadi Rp 2,504 triliun atau berkurang Rp 12,4 miliar. Hal itu mengakibatkan defisit APBD yang semula Rp 127 miliar naik ke angka Rp 140,3 miliar.

“Defisit ini ditutup dari pembiayaan netto dalam jumlah yang sama, setelah penerimaan pembiayaan pada perubahan APBD yang dipatok Rp 161,8 miliar hanya akan digunakan untuk pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 21,5 miliar,” jelasnya.

Dalam paripurna tersebut, ia menyatakan bahwa Badan Anggaran DPRD Jepara menyertakan 17 rekomendasi dalam persetujuan tersebut.

Menanggapi persetujuan penetapan itu, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada seluruh anggota dewan. Ia juga berjanji akan menindaklanjuti saran-saran DPRD yang menyertai persetujuan tersebut. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)