Lompat ke konten

Progres Renovasi Stadion GBK Jepara Baru 3 Persen, Ditarget Rampung Oktober

JEPARA, Lingkarjateng.id – Renovasi Stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) sudah berjalan sekitar dua bulanan terhitung setelah penandatanganan kontrak. Proyek ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Saat ini, pembangunan sudah berjalan selama dua bulan namun progresnya lambat karena baru menyentuh 3 persen.

Anggota Teknis Pelaksana Renovasi Pembangunan Stadion GBK Jepara Atho’ mengatakan, proses pengerjaan sampai saat ini sudah mencapai tiga persen yang meliputi galian tanah lapangan serta pembuangannya.

“Proses pelaksanaan rehabilitasi dan renovasi Stadion GBK sampai saat ini sekitar tiga persen,” ucap Atho’ saat ditemui di lokasi proyek, Kamis, 22 Februari 2024.

Ia merinci untuk pengerjaan renovasi tribun sebelah timur meliputi pengacian dan plesteran dinding ruang, pengacian bata ekspos, dan penggalian pondasi strauss tangga evakuasi baru tribun.

“Untuk sebelah tribun barat sedang dilakukan plesteran balok fasad, pembesian pile cap ramp tribun khusus untuk penyandang difabel, dan pembuatan pile cap pondasi kanopi akses utama untuk tribun barat,” urainya.

Sementara, lanjut dia, untuk tribun sebelah selatan sedang dilakukan pembersihan, bekisting (kotak cetak) lantai pembuangan limbah dari toilet baru dan pengecoran, pembuatan pile cap pondasi pagar kawasan luar tribun sebelah selatan, pembuatan pondasi strauss tangga luar, pemasangan tray kabel listrik ruang, serta pembobokan dinding ruang untuk jalur konduit kabel.

“Juga dilakukan pembuangan bekas galian tanah, bongkahan dinding dan lantai yang lama. Sampai saat ini belum ada kendala yang berarti selama proses rehabilitasi dan renovasi ini. Hanya kendala cuaca yang dihadapi,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa proyek rehabilitasi dan renovasi Stadion GBK ditarget rampung bulan Oktober 2024.

“Sesuai dengan target yang dipaparkan di awal perancangan,” tegasnya. (Lingkar Network | Muhammad Aminudin – Lingkarjateng.id)