Lompat ke konten

Presiden Jokowi Tinjau Layanan Kesehatan di RSUD Salatiga

SALATIGA, Lingkar.news – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke RSUD Salatiga, pada Senin, 22 Januari 2024 untuk melihat secara langsung pelayanan rumah sakit terhadap pasien, khususnya bagi masyarakat pengguna KIS dan BPJS kesehatan. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi meninjau pelayanan rumah sakit plat merah tersebut. Presiden Jokowi menemui pasien rawat inap dan pasien rawat jalan yang sedang antre di Poliklinik Reguler RSUD Salatiga. 

Dari hasil pengamatannya, Presiden Jokowi menggarisbawahi bahwa, pelayanan di rumah sakit perlu dipercepat sehingga akan memperpendek antrean pasien. Begitu pula dengan fasilitas seperti tempat yang masih kurang memadai, sehingga menyebabkan pasien harus berdesak-desakan.

“Tadi masih saya lihat (pasien) antre masih berdesak-desakan karena memang tempatnya saya lihat sudah tidak memadai,” kata Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menanyakan terkait dengan pungutan dan batasan pasien inap.

Ia kembali menekankan bahwa, layanan yang masih antre perlu dipercepat.

“Tadi saya juga tanyakan ada pungutan atau tidak, jawabannya enggak ada. Apakah pasien nginap di rumah sakit dibatasi, juga tidak. Saya kira ini bagus. Memang, layanan masih antre itu yang perlu dipercepat,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi tersebut hampir sama dengan di rumah sakit lain. 

“Tapi semua hampir sama. Tadi saya tanyakan baru 30 menit belum berjam-jam. Saya kira masih baik,” jelas Jokowi.

Presiden Jokowi menilai, adanya KIS dan BPJS Kesehatan sangat membantu masyarakat. 

“Kira-kira semakin ke sini, pelayanan terus diperbaiki. Itu yang kita harapkan, ya. Karena kita tahu, kartu industrial kita KIS itu sudah diberikan kepada kurang lebih 96 juta orang. Dan yang ikut BPJS sekarang ini sudah mencapai 267 juta orang. Artinya sudah 95 persen lebih penduduk Indonesia memakai BPJS kesehatan,” imbuh Presiden Jokowi.

Sementara itu, Direktur RSUD Salatiga, Riani Isyana Pramasanthi mengatakan bahwa, pihaknya siap meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan optimal. Begitu pula dalam meningkatkan prasarana yang ada. 

Ia menyampaikan terimakasih kepada Presiden Jokowi dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang telah mendukung RSUD Salatiga untuk lebih baik lagi.

“Atas nama Manajemen RSUD, kami akan lebih meningkatkan pelayanan, prasarana, dan keramahan untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Di RSUD Salatiga ini, Pak Jokowi tadi menyempatkan diri untuk bertemu dengan pasien dan menanyakan bagaimana pelayanan rumah sakit, khususnya untuk pasien KIS dan BPJS. Alhamdulillah, komentar pasien positif semua,” ucapnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo juga berkunjung ke Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir, Kota Salatiga untuk memastikan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) telah diterima dengan baik.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Tengah adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin dan Plh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Erlin Suastini.(Lingkar Network | Angga Rosa – Lingkar.news)