Lompat ke konten

Presiden Jokowi ke Temanggung, Beri Bantuan Beras untuk 1.000 Warga

TEMANGGUNG, Lingkar.news – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada 1.000 warga di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

“Ini sudah terima semua yang 10 kilogram, penerima ini mulai Januari 2024 atau sejak September 2023,” kata Jokowi saat meninjau Gudang Bulog di Kabupaten Temanggung, pada Senin, 22 Januari 2024.

Ia menyampaikan kalau Januari 2024 semua, berarti baru, yang tambahan. Karena pemerintah sudah mulai menyalurkan bantuan ini mulai September, Oktober, November, dan Desember 2023.

“Ini baru semuanya, nanti kita dapat bantuan pada Januari, Februari, Maret, dilanjutkan April dapat, Mei dapat, dan Juni juga dapat,” ujarnya.

Presiden Jokowi menuturkan, nanti dihitung lagi kalau APBN memungkinkan akan diteruskan lagi.

“Saya tadi berangkat subuh pukul 04.45 WIB dari Istana Negara ke Halim kemudian ke Solo, lalu ke Salatiga, ke Magelang, dan ke Temanggung. Nanti masih ke Wonosobo,” tuturnya.

Ia menyampaikan bahwa setelah pulang dari Wonosobo akan bermalam di Salatiga.

“Tiap hari saya seperti itu dari Aceh sampai Papua, kita harus sadar negara ini negara yang sangat besar, kita memiliki 38 provinsi sekarang ini. Terdiri atas 515 kota/kabupaten dan 17.000 pulau,” ujarnya.

Presiden Jokowi menuturkan tidak ada negara di dunia ini yang memiliki pulau sebanyak Indonesia.

“Semua pulau memerlukan pelabuhan, butuh jalan, karena di situ ada penduduknya. Butuh sekolah, butuh rumah sakit, puskesmas. yang pulaunya agak gede butuh airport,” katanya.

Ia menyebutkan penduduk Indonesia sangat banyak 280 juta, nomor empat di dunia. Tersebar di 17.000 pulau semuanya butuh beras. 

Selain ke Temanggung, hari ini Senin, 22 Januari 2024 Presiden Jokowi juga telah melakukan kunjungan kerja ke Salatiga dan Magelang.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Jawa Tengah dikabarkan berlangsung hingga besok Selasa, 23 Januari 2024.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Tengah adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin dan Plh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Erlin Suastini. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)