Lompat ke konten

Pj Bupati Jepara Dorong TMMD Tingkatkan Kesejahteraan Warga Desa Bakalan

JEPARA, Lingkar.news Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta mendorong agar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I tahun 2024 terus digelar di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

TMMD yang telah resmi dibuka oleh Pj Bupati Jepara pada hari ini Selasa, 20 Februari 2024 akan dilaksanakan di Desa Bakalan, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dengan menyasar kegiatan fisik dan nonfisik di desa tersebut.

“Mari TMMD Sengkuyung terus dilaksanakan di Jepara agar masyarakat lebih sejahtera,” kata Pj Bupati Jepara saat menjadi inspektur upacara pembukaan TMMD Sengkuyung, pada Selasa, 20 Februari 2024.

Ia juga mengajak untuk menjadikan TMMD Sengkuyung sebagai sarana untuk merawat warisan semangat kekeluargaan dan gotong royong dalam pembangunan.

Hal ini sesuai dengan tema TMMD yaitu “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”.

Pj Bupati Jepara saat membuka TMMD Sengkuyung, juga mendorong agar kegiatan tersebut dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat sekitar.

Ia berharap, semangat gotong royong itu mendongkrak swadaya masyarakat, sehingga TMMD ini dapat merealisasikan lebih dari yang telah diprogramkan.

Tak hanya itu, TMMD Sengkuyung juga diharapkan terlaksana dengan baik dengan hasil yang berkualitas dan memuaskan.

TMMD ini akan berlangsung selama 1 bulan ke depan. Sasaran fisik pembangunannya adalah pengecoran jalan desa sepanjang 500 meter dengan lebar 3 meter.

Sedangkan sasaran nonfisik berupa sosialisasi, penyuluhan dan pelatihan mencegah stunting. Kemudian Posyandu, Posbindu, Penyakit Tidak Menular dan KB Kesehatan, serta wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

Pj Bupati Jepara menjelaskan, dana yang digunakan untuk kegiatan fisik tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah dan APBD Kabupaten Jepara senilai Rp 350 Juta, yang diyakini akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya harap dapat bermanfaat bagi masyarakat, dilaksanakan dengan dorongan warga, TNI, Polri, perangkat daerah dan unsur masyarakat lainnya,” tambahnya.

Pj Bupati Jepara juga berharap masyarakat menjadi semakin berdaya sehingga dapat lebih berperan dalam proses pembangunan nasional.

Diketahui, upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I 2024 yang digelar di Desa Bakalan, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah itu dihadiri oleh Komandan Kodim 0719/Jepara Mokhamad Husnur Rofiq dan Wakapolres Jepara Kompol Indra Jaya Syaputra.

Hadir pula diantaranya Plt. Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Jepara Sulistyo Utomo, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko beserta sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Upacara pembukaan ditandai dengan penandatanganan dokumen program kegiatan selama TMMD oleh Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta dan Komandan Kodim 0719/Jepara Mokhamad Husnur Rofiq.

Dokumen tersebut kemudian diserahkan oleh Pj Bupati Jepara kepada Komandan Kodim.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Jepara secara simbolis juga menyerahkan alat kerja dan memasang pita kepada para pelaksana TMMD dari seluruh aspek. (Lingkar Network | Muhammad Aminudin – Lingkar.news)