Lompat ke konten

Pemkab Jepara Sediakan Kebutuhan Sahur dan Berbuka Korban Bencana Banjir

JEPARA, Lingkarjateng.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara memenuhi kebutuhan makan sahur dan berbuka untuk para korban bencana banjir yang berlangsung di tengah suasana ibadah puasa, kebutuhan makanan tersebut di support dari dua dapur umum yang telah didirikan.

Diketahui, tingginya curah hujan di Jepara beberapa hari terakhir menyebabkan banjir di sejumlah lokasi. Hingga Jumat, 15 Maret 2024 setidaknya terdapat 4 desa di 4 kecamatan yang mengalami bencana tersebut. Keempatnya adalah Desa Batukali di Kecamatan Kalinyamatan, Desa Gerdu di Kecamatan Pecangaan, Desa Sowan Kidul di Kecamatan Kedung, dan Desa Welahan di Kecamatan Welahan. 

“Satu dapur umum berada di Batukali, mampu menyiapkan 1500 porsi. Satu lagi di Sowan Kidul berkapasitas 2000 porsi,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko yang pada Jumat siang, 14 Maret 2024 memantau langsung kondisi wilayah dan para korban banjir di Sowan Kidul, Batukali, dan Gerdu.

Di Sowan Kidul, Edy Sujatmiko secara simbolis menyerahkan bantuan beras dan susu yang diterima Camat Kedung Tri Wijatmiko. Sedangkan di Batukali, diterima Petinggi Batukali Sarmani.

Usai melihat langsung kondisi terkini, Edy Sujatmiko menyebut setidaknya terdapat dua faktor penyebab banjir ini.

“Selain curah hujan, ada faktor manusia. Buktinya kita melihat keberadaan sampah di saluran air pada lokasi banjir,” katanya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Lingkarjateng.id)