Lompat ke konten

Peduli Korban Banjir, Pemkab Jepara Salurkan Bantuan Logistik

JEPARA, Lingkar.news Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta meninjau lokasi banjir di Desa Batukali, Kecamatan Kalinyamatan dan Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada Jumat, 3 Maret 2023. Dalam tinjauan tersebut, juga dilakukan pemberian bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Pj Bupati Jepara didampingi Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Ratib Zaini, Camat Pecangaan Saptwagus Karnanejeng, serta Kepala Perangkat Daerah, dan diterima langsung oleh Petinggi Desa Batukali Sarmani. Selain itu turut hadir dari PMI Kabupaten Jepara dan juga Baznas Jepara.

“Memang karena seminggu hujannya luar biasa sehingga sebanyak 2.000 orang terdampak banjir karena sungai SWD dua tanggulnya ada yang bocor, termasuk pintunya juga ada yang rusak. Kita juga sudah berkoordinasi dengan BBWS untuk bisa menangani. Kita juga memberikan bantuan logistik untuk masyarakat,” kata Edy.

Edy Supriyanta meminta warga untuk tetap waspada dan menjaga kesehatannya. Ia juga memerintahkan dinas terkait agar menyediakan dapur umum. Sehingga, makanan bagi warga Desa Batukali tercukupi.

Bijak Bermedsos, Pemkab Jepara Ingatkan Generasi Muda Saring Sebelum Sharing

“Jangan sampai ada warga yang tidak makan. Saya harapkan pak petinggi, pak camat selalu menemani warga. Mudah-mudahan bisa cepat surut tapi juga harus diantisipasi yang rusak akan kita perbaiki,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Jepara juga meninjau dapur umum dan posko kesehatan. Menurutnya, ini langkah yang bagus. Sebab dampak dari banjir, warga bisa terserang penyakit dan gatal-gatal.

MONITORING: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta (depan, bertopi merah) saat meninjau lokasi banjir di Desa Batukali, Kecamatan Kaliyamatan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Tomi Budianto/Lingkar.news)

“Dapur umum dan posko kesehatan sudah tersedia. Ini merupakan langkah yang bagus,” tuturnya.

Sementara itu, Petinggi Desa Batukali, Sarmani menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada warga Batukali.

Optimalkan PAD, Pemkab Jepara Beri Pembinaan Juru Parkir

“Saya mengucapkan terima kasih banyak, karena telah peduli dengan kami. Tetapi tidak hanya itu yang dibutuhkan masyarakat Desa Batukali, utamanya yaitu bantuan dalam bidang pertanian,” katanya.

Ia mengungkapkan, selain merendam pemukiman warga, banjir juga merendam areal persawahan milik warga. Sebanyak 320 hektar lahan persawahan milik warga terendam banjir dan terancam gagal panen.

“Sawah yang tenggelam di Desa Batukali sebanyak 320 hektar, kerugiannya kalau diuangkan sebesar 2,7 miliar. Kondisinya ada yang baru tanam, ada yang berusia tengahan (mabul), dan ada juga yang siap panen. Kira-kira ada 2.240 ton yang terancam gagal panen. Kami harapkan juga ada bantuan dalam bidang pertanian seperti bibit, karena ini yang sangat penting,” jelasnya.

Pemkab Jepara Komitmen Layani Masyarakat Sesuai Tujuan Pembangunan Nasional

Sedangkan di Sowan Kidul, ada tiga RT yang terdampak banjir. Meliputi RT 1/RW 2, RT 2/RW 2, dan RT 3/RW 2. Pj Bupati Jepara beserta rombongan diterima Camat Kedung Tri Wijatmiko dan Petinggi Sowan Kidul Ahmad Dzhuhri.

Adapun bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak banjir di Desa Sowan Kidul Kecamatan Kedung berupa beras 1 kwintal, mie 5 kardus, sarung 39 picis, handuk 16 picis, pasta gigi 35, sikat gigi 35, sabun bayi 10 picis, sampo bayi 4 picis, minyak telon 6 picis, minyak kayu putih 10 picis, sabun PMI 1 kardus (72 pcs), sabun dulit 16 picis, rinso 19 picis, sandal japit 21 picis, lilin 28 picis, serbet 20, wipol 16 (2 kadus).

Kemudian, untuk bantuan yang diberikan di Desa Batukali Kecamatan meliputi beras 1,5 kwintal, mie 5 kardus, sarung 39 pcs, handuk 16 picis, pasta gigi 35, sikat gigi 35, sabun bayi 10 picis, sampo bayi 3 picis, minyak telon 7 pcs, minyak kayu putih 7 picis, sabun PMI 1 kardus (72 pcs), rinso 19 picis, sandal japit 21 picis, lilin 28 picis, serbet 20, wipol 16 (2 kardus). (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)