Lompat ke konten

Ormas dan Organisasi Keagamaan di Jepara Diajak Sosialisasikan Pemilu 2024

JEPARA, Lingkarjateng.idKomisi Pemilihan Umum Kabupaten Jepara menggandeng berbagai organisasi sosial masyarakat maupun ormas keagamaan untuk menyosialisasikan Pemilu 2024 guna meningkatkan partisipasi politik masyarakat.

“Kami membuka peluang ormas maupun ormas keagamaan untuk bekerja sama melakukan sosialisasi Pemilu 2024 dan pendidikan pemilih agar masyarakat paham tata cara memilih,” kata anggota KPU Jepara Muhammadun di Jepara pada Senin, 12 Desember 2023.

Muhammadun mengatakan, sejak awal KPU Jepara sudah masif melakukan sosialisasi Pemilu 2024 termasuk menyasar tingkat kecamatan hingga perdesaan. Bahkan, sudah menjangkau ke berbagai segmen masyarakat.

Meskipun demikian, kata dia, mendekati pelaksanaan Pemilu 2024 yang dijadwalkan berlangsung 14 Februari 2024, KPU Jepara meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat.

Hingga saat ini KPU Jepara sudah menggandeng 21 ormas yang nantinya menggelar sosialisasi Pemilu 2024.

Memasuki awal 2024, pihaknya  semakin meningkatkan sosialisasi, terutama tata cara pemungutan suara dengan menggunakan spesimen surat suara.

“Masyarakat perlu mengetahui kategori suara yang tidak sah sehingga nantinya tidak ada suara yang tidak sah karena salah dalam menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Ia mengajak masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) menggunakan hak pilihnya demi masa depan bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Sementara jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 sebanyak 914.996 pemilih. Sedangkan jumlah TPS sebanyak 3.490 TPS yang tersebar di 16 kecamatan d Kabupaten Jepara. (Lingkar Network | Anta – Lingkarjateng.id)