Lompat ke konten

Museum RA Kartini Jepara Goes to School Ajak Siswa Kenali Benda Bersejarah

JEPARA, Lingkarjateng.id Program Museum Goes to School menjadi salah satu strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara mengenalkan Museum RA Kartini kepada peserta didik.

Seperti halnya museum goes to school yang menyambangi siswa PAUD, TK, dan SD di Pulau Nyamuk, Kecamatan Karimunjawa pada Sabtu, 8 Juni 2024. Melalui program ini pemateri memberikan pengetahuan seputar koleksi yang ada di museum. Ada lebih dari 700 koleksi di Museum Kartini, termasuk peninggalan Kartini dan kerangka Ikan Joko Tuo yang berasal dari Karimunjawa.

Sub Koordinator Bidang Sejarah dan Kepurbakalaan Disparbud Jepara, Lia Supardianik, menjelaskan kegiatan Museum R.A Kartini Goes to School sebelumnya juga menyasar Pulau Parang dan juga sekolah-sekolah lain yang ada di Karimunjawa dan Jepara. 

“Tahun lalu kami menyasar para siswa di Pulau Parang. Tahun ini kami hadir kembali untuk menyapa warga Desa Nyamuk, Karimunjawa,” terangnya.

Lia mengatakan bahwa program Museum R.A Kartini Goes to School ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengenalkan keberadaan museum kepada masyarakat hingga ke wilayah terjauh. Karena Museum RA Kartini Jepara juga bisa menjadi salah satu pusat belajar sejarah di Indonesia. 

“Memang mereka yang tinggal di wilayah terpencil cukup kesulitan untuk bisa datang ke Museum RA Kartini yang ada di Jepara. Sehingga museum hadir di tengah-tengah mereka,” sambungnya.

Ia menjelaskan pelaksanaan kegiatan tersebut memanfaatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Museum dan Taman Budaya Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristekdikti) Tahun 2024.

Sementara itu Pengelola Museum RA Kartini Jepara, Iwan Nugroho, mengaku hampir sebagian besar anak-anak yang tinggal di Pulau Nyamuk belum pernah berkunjung ke Museum RA Kartini Jepara.

“Semoga kedepannya bisa mampir melihat secara langsung Museum RA Kartini Jepara,” ucapnya. Ia berharap para siswa di pulau terpencil juga mencintai Museum RA Kartini Jepara sebagai aset berharga milik seluruh warga Jepara. (Lingkar Netwpork | Muhammad Aminudin – Lingkarjateng.id)