Lompat ke konten

Libur Tahun Baru 2024, Pengunjung Objek Wisata Pantai di Jepara Meningkat Tajam

JEPARA, Lingkarjateng.id – Jumlah wisatawan yang datang selama libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024 di Pantai Kartini dan Bandengan mengalami kenaikan yang signifikan.

Pengelola Pantai Bandengan Subiyanto mengatakan, jumlah wisatawan yang datang ke Pantai Bandengan mengalami kenaikan sebanyak 30-40 persen dari hari biasanya.

“Kalau hari biasa hanya 1.000-2.000 wisatawan, kemarin hari Minggu, 31 Desember 2023 jumlah pengunjung mencapai 7.000 wisatawan, dan puncaknya terjadi hari ini Senin, 1 Desember 2023. Walaupun cuaca hujan tapi tidak menghalangi para wisatawan untuk datang, setidaknya ada 7.500 wisatawan yang datang pada hari ini,” ucap Subiyanto di Jepara, Senin, 1 Desember 2023.

Ia menyebut, mayoritas wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Bandengan berasal dari luar kota, seperti Semarang, Demak, Kudus, hingga Pati.

“Ada juga wisatawan lokal tapi paling banyak dari luar kota. Kalau wisatawan lokal biasanya menyebar di tempat-tempat wisata yang lainnya,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan menjamin kenyamanan serta keamanan para pengunjung Pantai Bandengan, pihaknya mengaku telah menyiapkan rambu-rambu di titik-titik rawan dan menerjunkan petugas di beberapa permainan air.

“Persiapannya kita siapkan rambu-rambu di titik-titik rawan. Kita juga siapkan relawan dari Basarnas Jepara di beberapa permainan air,” imbuhnya.

Sementara, kenaikan jumlah wisatawan juga terjadi di Pantai Kartini. Pengelola Pantai Kartini Edi Kandono mengatakan, selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 jumlah wisatawan yang datang ke Pantai Kartini bertambah 50 persen.

“Kalau di hari libur biasa antara 300-400 orang dan selama Nataru ini per hari bisa mencapai 700 bahkan puncaknya pada hari ini Senin, 1 Desember 2023 sekitar 5.000 pengunjung yang datang dan ini masih ada kemungkinan bertambah,” kata Edi.

Demi menjamin keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kartini, pihaknya menyatakan sudah bekerja sama dengan aparat keamanan dari Kepolisian, TNI, PMI, dan Basarnas.

“Kita juga memasang imbauan-imbauan kepada para wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Panjang dan yang ada di Pantai Kartini sendiri,” tuturnya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Lingkarjateng.id)