Lompat ke konten

Lepas Estafet Tunas Kelapa, Gus Haiz Ingatkan Para Anggota Jaga Filosofi dan Nilai Luhur Pramuka

JEPARA, Lingkarjateng.id – Ketua Dewan Perwakilan Takyat Daerah (DPRD) Jepara Haizul melepas Estafet Tunas Kelapa (ETK) dengan mengibarkan bendera start di Balai Desa Krapayak Kecamatan Tahunan Jepara, Selasa, 22 Agustus 2023.

Kegiatan ETK ini berupa jalan kaki dengan membawa berbagai atribut seperti bendera merah putih, bendera pramuka, tunas kelapa, dan beberapa atribut lainnya, dan dilakukan secara estafet (beranting). Ratusan warga juga ikut antusias memberikan semangat pada pasukan ETK di sepanjang jalan yang dilalui.

Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif yang bertindak sebagai Pembina Upacara membacakan Sambutan dari Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kwartir Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang memberi apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ETK tahun ini sebagai ciri khas gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah.

“Saya menyampaikan apresiasi terhadap gerakan pramuka, yang sampai saat ini menjadi organisasi yang memberi kegiatan positif bagi generasi muda,” tutur Gus Haiz sapaan akrab Ketua DPRD Jepara.

Untuk itu, pihaknya meminta agar kegiatan tersebut terus dijaga dan dilestarikan agar filosofi dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya mampu memperkuat semangat kebangsaan dan kemajuan pembangunan di Jawa Tengah.

“Kami bersyukur gerakan pramuka membanggakan, memberikan kegiatan-kegiatan positif,” sambung Gus Haiz.

MELEPAS: Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif melepas Estafet Tunas Kelapa (ETK) dengan mengibarkan bendera start di Balai Desa Krapayak Kecamatan Tahunan Jepara, Selasa, 22 Agustus 2023. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

Tahun ini, Kabupaten Jepara menjadi salah satu dari 14 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menjadi titik start Estafet Tunas Kelapa tingkat Jawa Tengah. Selanjutnya Estafet Tunas Kelapa akan bergerak menuju ke Kabupaten Pemalang sebagai titik finish yang ditetapkan sebagai tuan rumah hari pramuka tingkat Jawa Tengah pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu Senin, 21 Agustus 2023 hingga Selasa, 22 Agustus 2023, dan akan melewati 15 Kwartir ranting se-Kabupaten Jepara kecuali Karimunjawa.

“Saya berharap, para anggota pramuka senantiasa meneguhkan dan mengokohkan semangat cinta tanah air, nenumbuhkan semangat gotong-royong dan cinta produk dalam negeri,” harap Gus Haiz. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Lingkarjateng.id)