Lompat ke konten

Kurangi Hujan, Pemprov Jateng Berencana Rekayasa Cuaca bersama BMKG dan BNPB

Semarang, Lingkar.news – Nana Sudjana, Pj Gubernur Jawa Tengah mengungkapkan kemungkinan dilakukan rekayasa cuaca untuk mengurangi curah hujan di wilayah Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang, menyusul curah hujan tinggi sepekan terakhir.

“Rekayasa cuaca supaya intensitas hujan di Jawa Tengah, khususnya Semarang ada pengalihan,” kata Nana di Semarang, Jumat (15/3)

Menurut dia, diperkirakan cuaca ekstrem masih akan terjadi hingga sepekan ke depan.

Oleh karena itu, pemerintah daerah akan berembug dengan BNPB dan BMKG untuk membahas kebutuhan akibat bencana di Jawa Tengah.

Selain faktor cuaca, lanjut dia, penurunan muka tanah juga menjadi salah satu pemicu bencana banjir di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

“Saya dapat info ada penurunan muka tanah. Ini yang harus kita waspadai,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, perlu dilakukan pengaturan penggunaan air tanah. “Sudah ada aturannya dan diterapkan,” tambahnya.

Kondisi banjir di Kota Semarang, menurut dia, sudah mulai surut di sejumlah wilayah, meski masih terdapat beberapa titik yang berdampak terhadap jalur KA menuju wilayah timur.

“Intensitas hujan tinggi. Akumulasinya kemarin, ditambah dengan adanya rob dan penurunan muka tanah,” katanya.

Banjir melanda wilayah Kota Semarang pada Rabu (13/3) hingga Kamis (14/3) akibat curah hujan tinggi dalam beberapa hari terakhir. (rara-lingkar.news)