Lompat ke konten

Kurangi Angka Pengangguran, Dinnakerind Demak Gelar Job Fair

DEMAK, Lingkar.news – SMKN 1 Karangawen bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Dinnakedind) Kabupaten Demak menggelar job fair dengan menghadirkan 20 perusahaan dan 1.072 lowongan kerja dari berbagai sektor usaha dan jabatan. 

Kepala Dinnakerind Kabupaten Demak, Agus Kriyanto, menyampaikan bahwa permasalahan ketenagakerjaan terutama pencari kerja di Kabupaten Demak merupakan masalah bersama dan menjadi tanggung jawab bersama. 

“Hal ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah saja untuk menyelesaikannya, namun diperlukan peran aktif masyarakat baik dari pihak pemberi kerja atau perusahaan, para pengusaha, atau pun para pencari kerja serta stakeholder terkait yang berhubungan dengan ketenagakerjaan termasuk Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di SMK-SMK,” ujarnya saat membuka job fair pada Rabu, 20 September 2023.

Agus menyebutkan, tingkat pengangguran terbuka tahun 2022 di Kabupaten Demak menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 6,11 persen.

“Artinya dari 100 orang ada sekitar 7 orang yang menganggur. Ini menunjukkan PR kita masih cukup banyak untuk bisa menurunkan angka tingkat pengangguran terbuka tersebut,” ucapnya. 

Salah satu upaya yang ditempuh Dinnakerind Demak untuk menurunkan tingkat pengangguran terbuka yaitu melalui job fair. Kegiatan ini mengakomodir pertemuan antara para pencari kerja dengan para pemberikerja dalam satu tempat, sehingga bisa mempersingkat proses pencarian kerja.

“Jadi job fair ini diharapkan dapat mempersingkat proses pencarian kerja sehingga para pencari kerja bisa segera bekerja,” tuturnya. 

Tidak hanya menyediakan 1.072 lowongan kerja, job fair yang digelar di SMKN 1 Karangawen ini juga menggandeng universitas yang menyediakan informasi pendidikan.

“Dari jumlah itu ada berbagai sektor usaha dan jenis jabatan di perusahaan, serta ada dua kampus yang menyediakan info bagi adik-adik kita yang ingin melanjutkan pendidikan,” bebernya. 

Agus berpesan kepada para pencari kerja agar bisa memanfaatkan kegiatan job fair dengan sebaik-baiknya sehingga angka pengangguran di Demak bisa menurun.

“Pertemuan dalam job fair ini ini silahkan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mencari pengalaman dalam dunia kerja dan melangkah maju dengan penuh semangat guna mendapatkan pekerjaan yang barokah dan sesuai harapan,” tutupnya. (Lingkar Network | M. Burhanuddin Aslam – Koran Lingkar)