Lompat ke konten

KPU Temanggung Masih Kekurangan 10.000 Kotak Suara Pemilu 2024

TEMANGGUNG, Lingkar.news Sebanyak 2.700 logistik Pemilu 2024 berupa kotak suara telah tiba di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Sedangkan, kebutuhan kotak suara untuk Pemilu 2024 di Temanggung sebanyak 12.630 kotak.

“Jadi masih kurang sekitar 10.000 kotak suara, kedatangan untuk selanjutnya kita masih menunggu,” kata Ketua KPU Kabupaten Temanggung, Henri Sofian Rois, pada Kamis, 30 November 2023.

Kemungkinan, kata dia, akan ada 5 truk lagi yang datang membawa kotak suara Pemilu 2024.

“Nanti kalau misalnya kedatangannya bertahap, jumlahnya seperti ini 2.700 berarti paling tidak masih ada 5 kali lagi truk untuk mengangkut kotak suara ini dan kami tunggu kedatangannya,” tuturnya.

Ribuan kotak suara itu, kata dia, dikirim dari PT Surya Prima Semesta, Kecamatan Tulungan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Ia menyebutkan kebutuhan per tempat pemungutan suara (TPS) nanti perlu 5 kotak suara, yaitu untuk surat suara presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

“Jadi setiap TPS  membutuhkan 5 kotak suara. Sedangkan jumlah TPS di Temanggung ada 1.258, jadi total 12.630 termasuk cadangan 40 buah,” tuturnya.

Menurut dia rencananya setelah menerima semua dan disimpan di Indoor Tenis Kowangan akan dilakukan penyortiran tetapi secara sample.

“Nanti kalau sudah bulan Januari baru kita akan buka, akan kita set sekalian, karena pesan dari KPU RI kotak suara ini jika dibuka nanti bisa menjadikan lembab sehingga dikhawatirkan mudah rusak, jadi kita set setelah mendekati pemungutan suara, akhir Desember 2023 arau Januari 2024,” katanya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)