Lompat ke konten

KPU Boyolali Temukan 360 Kotak Suara Pemilu 2024 Rusak

BOYOLALI, Lingkar.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menyatakan bahwa, kotak suara Pemilu 2024 yang sudah diterima sebanyak 8.940 buah.

Ketua KPU Kabupaten Boyolali, Maya Mudayanti menjelaskan KPU Boyolali menerima pengiriman kotak suara pertama pada tanggal 30 November 2023 sebanyak 2.175 buah dalam kondisi baik.

Pada tanggal 1 Desember diterima kotak suara sebanyak 1.575 buah dan yang rusak 200 buah, sehingga tersisa 1.375 buah dalam kondisi baik.

Pada tanggal 4 Desember diterima kotak suara sebanyak 2.475 buah dan yang rusak 40 buah, sehingga tersisa 2.435 buah dalam kondisi baik.

Pada tanggal 6 Desember diterima kotak suara sebanyak 3.075 buah dan yang rusak 120 buah, sehingga tersisa 2.955 buah dalam kondisi baik. Jadi totalnya 8.940 buah kotak suara yang dalam kondisi baik, karena yang rusak ada 360 buah.

“Sehingga, KPU Boyolali masih kurang kotak suara sebanyak 8.149 buah dari total kebutuhan 17.089 buah. Sedangkan, logistik lainnya sudah mencukupi kebutuhan,” tuturnya.

Menyinggung soal kapan penerimaan logistik khususnya kotak suara untuk mencukupi Pemilu 2024, kata dia, tidak mengetahui secara pasti. Namun, dia menyampaikan hampir setiap hari KPU Boyolali menerima pengiriman logistik kotak suara untuk memenuhi kebutuhan.

Dia mengatakan kotak suara yang sudah datang sementara masih disimpan di gudang induk Tegalrejo, Winong, Boyolali hingga seluruhnya datang. Kemudian, ketika KPU Boyolali mendapatkan perintah untuk merakit akan segera dilaksanakan.

Dia mengatakan kotak suara untuk Pemilu 2024 berbahan dupleks sehingga penyimpanannya harus hati-hati. Kotak suara harus ditaruh di gudang yang telah difumigasi agar bebas rayap dan harus ada alas palet kayu di bawah kotak suara. Kemudian per kotak suara juga diberikan plastik.

“Kotak suara 2024 ini, berbeda pemilu sebelumnya. Kalau dulu semuanya tertutup, tetapi ini ada semacam jendela tertutup, berbahan mika, yang nanti semua bisa melihat ke dalam. Jadi isinya terlihat ketika memasukkan surat suara,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk logistik tahap pertama Pemilu 2024 yang sudah diterima KPU Boyolali antara lain bilik suara, sebagian kotak suara, tinta, segel plastik, alat coblos, dan sebagainya.

Setelah pengiriman logistik tahap pertama selesai, selanjutnya logistik tahap dua seperti surat suara, formulir-formulir, sampul dan sebagainya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)