Lompat ke konten

Kereta Api Argo Semeru Kecelakaan di Kulon Progo, Gerbong Anjlok hingga Terguling dari Lintasan

KULON PROGO, Lingkar.news – Kereta Api (KA) 17 Argo Semeru mengalami kecelakaan saat melakukan perjalanan dari Surabaya Gubeg ke Jakarta (Gambir). Insiden berlangsung tepatnya di Dusun Kalimenur, Kalurahan Sukoreno, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta berlangsung sekitar 13.30 WIB.

Dihimpun dari berbagai informasi, awalnya kondisi gerbong KA 17 Argo Semeru saat itu anjlok dan terguling dari rel di lintasan Sentolo-Wates. Tak berselang lama datang KA 17 Argowilis jurusan Gambir-Surabaya dari arah Jakarta menyerempet KA Argo Semeru dan nyaris ikut terguling.

Kondektur Kereta Api Argo Semeru Santoso saat ditemui di lokasi kejadian, Kulon Progo, Selasa, 17 Oktober 2023 belum bersedia memberikan keterangan.

“Maaf tidak bisa memberikan keterangan, kami harus menunggu perintah atasan,” katanya.

Saat ini, ratusan penumpang menumpuk di bekas Stasiun Kalimenur. Penumpang sedang menunggu dipindahkan kereta api.

Sementara itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kulon Progo memastikan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan Kereta Api Argowilis dengan Kereta Api Argo Semeru.

“Tidak ada korban jiwa,” kata petugas PMI Kulon Progo Ikhbal Taufik.

Dia menjelaskan penumpang kereta api yang mengalami luka ringan, sedang, dan berat sebanyak sembilan orang, salah satunya dibawa ke RSUD Wates untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sedangkan lainnya, ditangani di lokasi kejadian.

“Data ini masih bergerak, karena ada beberapa yang ditangani di rumah sakit berbeda,” katanya.(Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)