Lompat ke konten

Keren! Program Pelayanan Pemkab Demak Kerap Raih Penghargaan Provinsi dan Nasional

DEMAK, Lingkar.newsDinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Demak berkomitmen terus meningkatkan pelayanan. Dedikasi tersebut membuahkan hasil hingga Kabupaten Demak kerap menerima penghargaan tingkat provinsi bahkan nasional.

Kepala Dinkominfo Demak, Endah Cahyarini, menyebutkan beberapa penghargaan yang berhasil diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak adalah Smart City, SP4N Lapor, SPBE, keterbukaan informasi dan keamanan informasi.

“Smart city, kemarin kita mendapat penghargaan dua tahun berturut-turut, dan mungkin hanya Demak satu-satunya kabupaten yang mendapatkan karena yang lainya kota, itu nasional. Kemudian di bidang kerja sama pariwisata dengan otoritas program pariwisata nasional. Itu untuk smart city,” kata Endah baru baru ini.

Kemudian untuk penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) indeks nilai yang sebelumnya baik menjadi menjadi sangat baik. Hal itu, kata Endah, butuh peran seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mewujudkannya.

“Tapi masih akan kita kejar lagi untuk sampai ke indeks yang memuaskan. Nah, itu kan butuh dukungan dari semua OPD,” imbuhnya. 

Selanjutnya, Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor, Pemkab Demak meraih penghargaan pengelola aduan masyarakat terbaik.

“Kita dapat penghargaan pengelola terbaik aduan masyarakat, itu  se-Indonesia dan tahun berikutnya kita dilombakan lagi dan bertahan di tiga besar. Itu tingkat nasional,” ucapnya.

Kemudian terkait keterbukaan informasi publik (KIP), Pemkab Demak empat kali dalam empat tahun berturut-turut mendapatkan predikat sebagai kabupaten informatif.

“Itu predikat tertinggi dalam keterbukaan infomasi publik di Jawa Tengah,” ujarnya. 

Endah menambahkan, untuk keamanan informasi, Demak menempati urutan ke-9 kabupaten yang sudah membentuk Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

“Itu adalah tim yang menyediakan pelayanan dalam mencegah, menanggulangi dan menanggapi insiden keamanan siber, pada suatu wilayah yang bertanggung jawab atas penerimaan, pemantauan dan penanganan laporan dan aktivitas insiden keamanan siber,” tandasnya. (Lingkar Network | M. Burhanuddin Aslam – Lingkar.news)