Lompat ke konten

Kecelakaan Kereta di Cicalengka, KA Turangga Tabrak KA Bandung Raya

KABUPATEN BANDUNG, Lingkar.news – Kecelakaan terjadi antara Kereta Api Turangga (KA Plb 65A) dengan KA Commuterline Bandung Raya (KA 350) di jalur petak Stasiun Cicalengka Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Jumat, 5 Januari 2024.

Manajer Humas KAI Daop 2 Ayep membenarkan adanya kejadian tersebut yang berawal saat kedua kereta saling bertabrakan pada pukul 06.03 WIB di lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700. Lokasi insiden berada sekitar 800 meter sebelum sinyal masuk Stasiun Cicalengka.

“Iya (benar) di Cicalengka, kejadian pukul 06.03 WIB adu banteng antara KA Turangga dengan Kereta Lokal dan saat ini sedang proses evakuasi,” kata Ayep saat dikonfirmasi.

Hingga kini, kata Ayep pihaknya masih belum memastikan terkait adanya korban atau tidak dalam insiden kecelakaan kereta di Cicalengka ini.

Sementara itu Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengirimkan tim untuk menindaklanjuti dan mengevakuasi korban kecelakaan KA Turangga dan KA Commuterline Bandung Raya.

“Guna menindaklanjuti dan mengevakuasi korban dari insiden ini, DJKA telah mengirimkan tim teknis untuk mengamankan lokasi kejadian,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dalam keterangannya di Jakarta.

Atas nama DJKA Kemenhub, Risal menyampaikan turut prihatin dan berduka cita atas korban terdampak akibat insiden tersebut.

“Informasi lebih lanjut terkait insiden ini akan segera disampaikan kembali,” ujar dia. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)