Lompat ke konten

Jokowi Ingatkan Siswa di Blora Gunakan Bantuan PIP untuk Keperluan Sekolah

BLORA, Lingkar.news – Agenda terakhir dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Blora adalah membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP). KIP merupakan bagian dari program Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2024 yang diberikan kepada siswa kurang mampu.

Berlangsung di Gedung Olahraga Mustika Blora pada Selasa, 23 Januari 2024, kedatangan orang nomor 1 di Indonesia mendapatkan sambutan hangat dari ribuan siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. 

Dengan senyumnya yang khas Presiden Jokowi langsung menyapa dan menjabat sebagian siswa yang sudah memenuhi gelanggang olahraga sejak pukul 12.00 WIB.

Secara simbolik, Presiden Jokowi menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 12 perwakilan siswa.

Presiden Jokowi mengatakan dirinya sangat senang bisa hadir di tengah-tengah siswa yang penuh semangat.

“Saat ini sumber daya manusia menjadi kunci persaingan antar negara juga antar individu. Makanya, semua harus sekolah,” ujarnya.

Selain KIP untuk siswa SD hingga SMA, kata Presiden Jokowi, pemerintah juga mempunyai program KIP Kuliah yang disediakan bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan.

“Pemerintah menyiapkan anggaran Rp11 triliun untuk 20 juta anak. Tidak ada alasan, semuanya harus sekolah,” tegasnya.

Untuk SD nilai KIP sebesar Rp450 ribu, untuk SMP nilainya Rp750 ribu dan untuk SMA/SMK nilainya Rp1,8 juta.

“Khusus untuk SMA/SMK nilainya kita naikkan menjadi Rp1,8 juta. Harus cukup. Gunakan untuk keperluan sekolah, beli tas, buku, seragam tetapi tidak boleh digunakan untuk membeli pulsa,” tegasnya.

Hampir 30 menit Jokowi bersama ribuan siswa di Blora. Pada kesempatan itu pihaknya juga  membagikan dua sepeda untuk siswa yang beruntung.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar  Dinas Pendidikan Blora, Titik Umiyati, menerangkan bahwa saat ini di Kabupaten Blora ada 10.360 siswa SD yang menerima PIP. 

“Sementara untuk SMP ada 8.184 siswa. Semua bisa dicairkan melalui BNI dan BRI sebagai bank yang sudah ditunjuk,” bebernya. (Lingkar Network | Hanafi – Lingkar.news)