Lompat ke konten

IKM Dewica Jaya Binaan Dinnakerind Demak Terus Tingkatkan Inovasi Produk

DEMAK, Lingkar.news – Dewica Jaya merupakan salah satu Industri Kecil dan Menengah (IKM) binaan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Dinnakerind) Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

IKM binaan Dinnakerind Demak milik Fatun Nafisah ini, berada di Desa Jatirogo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. IKM ini setiap tahun terus berinovasi untuk mengembangkan produknya.

Pemilik Dewica Jaya, Fatun Nafisah mengatakan bahwa, awalnya ia membuat produk bandeng presto. Namun dari tahun ke tahun, IKM binaan Dinnakerind Demak ini terus berinovasi sehingga bisa menciptakan produk baru, mulai dari kerupuk berbahan ikan hingga terasi siap saji.

“Awalnya bandeng presto, kemudian lama-kelamaan membuat kerupuk berbahan ikan, serundeng berbahan ikan, dan terasi siap saji,” kata Fatun Nafisah, pada Jumat, 30 Juni 2023.

Fatun menjelaskan, ia terus mengembangkan produk yang banyak diminati masyarakat sehingga menarik pelanggan dan laku dijual di pasaran. Dengan begitu, lanjutnya, maka bisa menambah omzet yang dia peroleh.

“Selalu membuat produk baru, supaya bisa menambah pelanggan. Kadang malah yang mengusulkan membuat produk baru itu malah pelanggan,” ungkapnya.

Saat ini, usaha tersebut hanya dikerjakan oleh keluarganya sendiri. Ia mengaku belum mampu merekrut karyawan.

“Belum berani merekrut karyawan. Paling yang mengerjakan, ya keluarga sendiri. Tapi kalau ada banyak pesenan biasanya minta bantuan tetangga sekitar,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinnakerind Demak  Agus Kriyanto mendukung penuh inovasi yang dilakukan oleh para IKM untuk memajukan usaha.

“Supaya para pelanggan tidak hanya itu-itu saja, karena ada banyak produk yang dibuatnya,” kata Agus Kriyanto.

Agus berharap, para IKM terus berinovasi dalam mengembangkan usaha, agar lebih maju. Tak hanya itu, ia pun berharap, IKM bisa merekrut warga sekitar saat membuka lowongan kerja, agar mengurangi angka pengangguran di Demak.

“Semoga para IKM nantinya bisa terus mengembangkan usaha. Agar tetangga sekitarnya itu bisa direkrut untuk kerja di tempatnya. Karena bisa mengurangi pengangguran,” pungkasnya. (Lingkar Network | Muhammad Burhanuddin Aslam – Koran Lingkar)