Lompat ke konten

Hilang Kontak, 2 ABK Insiden Kapal Terbalik di Perairan Cilacap Ditemukan Meninggal

CILACAP, Lingkar.news – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap mengakhiri pencarian terhadap dua nelayan yang terjatuh dan hilang kontak setelah kapal compreng “Tri Laksana” terbalik di Pantai Wagir Indah, Desa Welahan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

“Operasi SAR (Search and Rescue) kami tutup karena dua ABK (Anak Buah Kapal) yang hilang telah ditemukan,” kata Kepala Basarnas Cilacap Adah Sudarsa di Cilacap, Kamis, 19 Oktober 2023.

Korban atas nama Alfin Rastoni B Darmo (60), warga Brebes, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan tubuhnya tersangkut jaring nelayan yang sedang mencari ikan sekitar 800 meter dari lokasi kejadian pada Rabu, 18 Oktober 2023, pukul 15.00 WIB.

Korban atas nama Edi Suwaryo (55), warga Brebes, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Kamis, 19 Oktober 2023, pukul 00.30 WIB. Ia ditemukan dalam posisi terdampar di sekitar Pantai Widarapayung, Kecamatan Binangun, Cilacap yang berjarak 3,23 kilometer dari lokasi kejadian ke arah timur.

Ia mengatakan dengan ditemukan dua ABK tersebut, operasi SAR untuk mencari nelayan yang hilang akibat terbaliknya kapal compreng “Tri Laksana” di Pantai Wagir Indah, Desa Welahan, Kecamatan Adipala, Cilacap, dinyatakan ditutup dan seluruh personel yang terlibat telah dikembalikan ke satuan masing-masing.

Kapal compreng “Tri Laksana” yang membawa sembilan ABK dilaporkan terbalik di Pantai Wagir Indah pada Rabu, 18 Oktober 2023, pukul 07.30 WIB.

Peristiwa itu diduga karena kapal tersebut tidak kuat menarik jaring, sehingga kehilangan keseimbangan dan terbalik hingga akhirnya terbawa arus ke tepi pantai.

Akibat kejadian tersebut, enam ABK selamat dari kecelakaan, satu orang meninggal dunia, dan dua orang hilang.

Sebanyak enam ABK yang selamat, yakni Farid (31), Arjun (22), Tusmin (60), dan Dul Rohim (55) yang berasal dari Kabupaten Brebes, serta Roni (32) dan Musa (65) yang berasal dari Cilacap.

Seorang ABK yang meninggal dunia diketahui bernama Slamet (62) yang berasal dari Brebes, sedangkan dua ABK yang masih dalam pencarian, yakni Edi Suwaryo (55) dan Alfin Rastoni B Darmo (60) yang tercatat sebagai warga Brebes. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)