Lompat ke konten

Gus Haiz Dukung Event Trabas Sebagai Promosi Wisata Alam Jepara 

JEPARA, Lingkarjateng.id – Ketua DPRD Jepara, Haizul Ma’arif, mendukung pengembangan destinasi sport tourism di Jepara untuk mempromosikan potensi lokal sekaligus mendorong pelaku usaha sehingga perekonomian masyarakat bisa sejahtera.

Seperti penyelenggaraan event trail jelajah alam bebas (trabas) di lereng kaki Gunung Muria, Jepara. Event ini tidak hanya sebagai sarana olahraga pemacu adrenalin, hal itu juga menjadi sarana menyalurkan hobi sekaligus menikmati indahnya destinasi wisata. Tentunya hal itu akan menjadi perpaduan yang apik antara olahraga dengan wisata sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat

“Melalui event yang digelar terutama yang berkaitan dengan mengeksplor wisata alam, tentu akan dapat mengenalkan pariwisata yang dimiliki daerah ke wisatawan, dan apabila sudah dikenal maka imbasnya pasti kunjungan wisata akan meningkat,” ujar Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif usai mengikuti ajang Trabas Kamtibmas yang dihelat Polres Jepara di Kompleks Objek Wisata Wana Wisata Sreni Nalumsari pada Minggu,15 Oktober 2023.

Menurut Gus Haiz, sapaan Ketua DPRD Jepara, mengatakan bahwa kegiatan Trabas dapat menarik minat wisatawan daerah maupun luar daerah hal itu dibuktikan dengan ribuan peserta offroader dari penjuru Jawa Tengah yang datang untuk meramaikan ajang tersebut. Selain itu, banyaknya masyarakat yang datang menyaksikan dapat memberikan dampak positif lainnya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat. 

“Jadi semua akan merasakan dampak positifnya, pastinya kita menginginkan potensi pariwisata di Kota Ukir ini dapat dikenal masyarakat secara luas tidak hanya lokal tapi juga nasional hingga internasional,” ujar pria yang juga memiliki hobi trabas ini. 

Politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengharapkan event Trabas dapat menjadi agenda tahunan dengan penyelenggaraan yang lebih profesional dan dalam skala lebih besar lagi. Oleh sebab itu, Gus Haiz mendukung dan meminta agar pengelola wisata dapat bekerjasama dengan komunitas-komunitas lainnya agar dapat mengembangkan pariwisata di Kabupaten Jepara. 

“DPRD Jepara berkomitmen memajukan pariwisata, sehingga harus mendapat dukungan seluruh elemen masyarakat dan para pelaku usaha pariwisata serta UMKM di Jepara dalam rangka menyukseskan program kepariwisataan. Salah satunya adalah aktif mempromosikan dan mengadakan berbagai kegiatan,” pungkasnya. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Koran Lingkar)