Lompat ke konten

Gus Haiz Apresiasi Sinergitas Program TMMD di Desa Bakalan Jepara

JEPARA, Lingkarjateng.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif, mengapresiasi sinergitas antara anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0719/Jepara dan masyarakat dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I TA 2024 di Desa Bakalan, Kecamatan Kalinyamatan.

TMMD telah sukses melakukan pengecoran jalan desa sepanjang 550 meter dengan lebar 3 meter dengan dengan ketebalan 0,12 meter, dan rehab 2 unit rumah tidak layak huni (RTLH).

Adapun pencapain sasaran non fisik dari TMMD meliputi pembinaan dan pengembangan perpustakaan desa dan pelayanan perpustakaan keliling.

Kemudian penyuluhan stunting dan pencegahannya, penyuluhan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, pelayanan pembuatan e-KTP, peningkatan pembinaan metode kontrasepsi jangka panjang dan bakti sosial.

Gus Haiz sapaan lekat Haizul Ma’arif berharap, hasil dari program TMMD bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Semoga hasil ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yaitu melancarkan arus transportasi, meningkatkan taraf hidup masyarakat, meningkatkan kesadaran masyarakat agar berperan aktif dalam pembangunan, dan meningkatkan ketertiban serta keamanan,” kata Gus Haiz.

Gus Haiz berharap kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan intensitas yang lebih tinggi. Bahkan, dapat diselenggarakan di setiap kecamatan.

Dengan adanya TMMD, kata Gus Haiz, bisa membantu pemerintah mempercepat pembangunan.

“Pemerintah pasti sangat terbantu dengan kegiatan TMMD ini karena dapat mempercepat pembangunan, mengingat pembangunan terutama jalan ini memang sangat dibutuhkan. Saya berharap kegiatan ini dapat berlangsung di setiap kecamatan,” imbuhnya.

Sebelumnya, selama satu bulan kegiatan TMMD itu dilaksanakan mulai 20 Februari lalu yang dibuka oleh Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta.

Keterlibatan dan kerja keras semua pihak pada program ini terbukti membuahkan hasil yang memuaskan sehingga seluruh pekerjaan telah selesai tepat waktu.

Diketahui, turut hadir dalam acara penutupan TMMD Sengkuyung tahap I Tahun Anggaran 2024 di desa Bakalan, Kecamatan Kalinyamatan antara lain Pj Bupati Jepara yang diwakili oleh Asisten 1 Pemerintah dan Kesra, Ratib Zaini beserta Forkopimda.

Hadir pula Komandan Kodim 0719 Jepara letnan Kolonel Muh Husnur Rofiq, Ketua Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan. (Lingkar Network | Tomi Budianto/Muhammad Aminudin – Lingkarjateng.id)