Lompat ke konten

Ganjar-Mahfud Janji Berantas Korupsi dan Perbaiki Birokrasi

BEKASI, Lingkarjateng.id Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD mengatakan bahwa ia bersama calon presiden Ganjar Pranowo akan melakukan tindakan nyata dalam pemberantasan korupsi, yang ia sebut dengan istilah “gaspol”, apabila memenangi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

“Gaspol. Gandakan anggaran, anggaran diperbanyak untuk orang-orang kelas menengah ke bawah, sikat korupsi, dan perbaiki birokrasi,” kata Mahfud di hadapan ribuan relawan dari Laju Indonesia, Sahabat Mahfud Muda, Ikatan Keluarga Madura Jawa Barat, Gerpin, dan sejumlah elemen lainnya di Mustikasari Convention Hall, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 9 Desember 2023.

Mahfud juga mengatakan bahwa Ganjar-Mahfud akan memperjuangkan penegakkan hukum yang berjalan secara adil bagi semua pihak.

“Ganjar-Mahfud hadir untuk memperbaiki itu semua,” ujarnya.

Di satu sisi, Mahfud menyoroti ketimpangan penegakkan hukum di Indonesia. Menurut Mahfud, kadang kala penegakan hukum memihak orang yang mempunyai kekuatan.

Sementara itu, lanjut dia, orang lemah yang tidak mendapat perlindungan hukum bisa kalah jika berhadapan dengan pihak-pihak yang mempunyai kekuatan jika sedang berperkara.

“Orang mencuri lalu dihajar habis-habisan di tengah jalan, sementara orang korupsi dilindungi. Korupsi tuh banyak loh, kelasnya miliaran. Kalau mencuri itu nggak banyak, dan kadang karena terpaksa. Orang kuat menyogok dan dibeking pejabat korup agar kasusnya ditutup. Ini bukan rahasia,” bebernya.

Selain itu, Mahfud mengatakan bahwa masyarakat miskin di Indonesia tidak akan pernah bangkit, jika korupsi tidak diberangus tuntas. Setelah korupsi dikikis, kata dia, Pemerintah dapat menghitung berapa anggaran yang dapat diberikan untuk rakyat sebagai modal kerja, subsidi listrik, menggratiskan internet, maupun menggaji guru dengan layak.

Mahfud juga mengatakan bahwa dirinya bersama Ganjar berkomitmen untuk membangun dari wilayah pinggiran.

“Proyek-proyek yang hanya dinikmati kelas menengah ke atas, kita hentikan. Kita akan membangun dari pinggiran. Ganjar-Mahfud akan gaspol,” ujarnya. (Lingkar Network | Ant – Koran Lingkar)