Lompat ke konten

DPRD Jepara Junarso Beri Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi

JEPARA, Lingkarjateng.id – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jepara Junarso bersama Dinsospermades Kabupaten Jepara menggelar ‘Pelatihan Fermentasi Pakan Ternak’ dengan sasaran Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Berkah Manunggal Desa Keling, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara pada Jumat, 1 September 2023.

Junarso menyampaikan, tujuan pelatihan guna memberikan keterampilan dan pengetahuan baru dalam bidang pembuatan pakan ternak fermentasi untuk kambing dan domba secara baik dan benar. Sehingga setelah pelatihan, lanjut Junarso, masyarakat secara mandiri dapat langsung mempraktikkan pembuatan pakan ternak fermentasi.

“Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta. Untuk menunjang berjalannya kegiatan pelatihan ini,  kami berikan juga bantuan kambing,” ucap Junarso.  

BERI ARAHAN: Wakil Ketua DPRD Jepara, Junarso (depan, baju putih) saat memberikan arahan dalam pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi di Desa Keling, Kecamatan keling, Kabupaten Jepara. (Tomi Budianto/Lingkarjateng.id)

Ia mengatakan, fermentasi pakan ternak adalah metode baru yang menggabungkan keahlian ilmu pakan dengan teknologi modern. Proses fermentasi ini, kata Junarso, melibatkan penguraian mikroorganisme tertentu yang secara signifikan meningkatkan nilai gizi pada pakan ternak.

“Pakan fermentasi ini ‘kan manfaatnya banyak sekali, seperti memiliki daya simpan lebih lama sehingga dapat dimanfaatkan saat musim kemarau panjang seperti saat ini. Selain itu, juga kandungan gizi pada pakan fermentasi ini lebih tinggi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Junarso mengungkapkan, dalam pelatihan tersebut para peserta dibekali berbagai pengetahuan tentang cara pembuatan pakan ternak fermentasi dari bahan yang mudah didapatkan di wilayah sekitar.

“Warga sini mayoritas selain petani, juga memiliki ternak di rumahnya. Jadi dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat menjadi pengetahuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat, sehingga dapat meningkatkan nilai dan kualitas ternak mereka,” tutur Junarso. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)