Lompat ke konten

Disdikbud Kendal dan LMG Jalin Sinergi Tingkatkan Kompetensi Guru SD

KENDAL, Lingkar.news – Sekitar 200 Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Dasar (SD) dari 7 Kecamatan di Kabupaten Kendal, yakni dari Kecamatan Kaliwungu, Brangsong, Kendal, Ngampel, Pegandon, Patebon, dan Cepiring mengikuti Seminar Pendidikan yang digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Jawa Tengah, pada Senin, 26 Juni 2023.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Lingkar Media Group (LMG) dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal.

Kegiatan bertema “Menulis Artikel Ilmiah Populer akan Meningkatkan Kompetensi Guru” ini, dibuka oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Sugiono.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Disdikbud Kendal, Ninik Chaeroni; Sub Koordinator Seksi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Dasar Disdikbud Kendal, Eko Hadiwiyatno; Komisaris Utama LMG, Agus Sunarko, S.STP., M.Si., Wakil Direktur LMG, Heny Susilowati; Pemimpin Redaksi Koran Lingkar dan Lingkar TV, Nailin RA.

Komisaris Utama LMG Agus Sunarko, S.STP., M.Si., menyatakan, LMG telah berkomitmen membangun peradaban bangsa dan generasi penerus agar berkepribadian Pancasila dengan memberikan pembekalan tata cara menulis karya ilmiah kepada para tenaga pendidik.

“Kita bekali tenaga pendidik dengan kemampuan menulis karya ilmiah, artikel yang populer yang sesuai kode etik jurnalistik. Sehingga usai diberikan pembekalan ini, tenaga pendidik dapat menulis dengan baik dan benar,” kata Agsun, sapaan lekat Agus Sunarko.

Selanjutnya, Agsun berharap, tulisan para guru yang dipublikasikan di Koran Lingkar bisa menjadi bahan literasi bagi siswa-siswi.

“Minimal yang membaca adalah siswa-siswi di sekolahnya. Harapannya, ini bisa memberi literasi kepada siswanya sehingga terbentuk kepribadian Pancasila,” tegasnya.

FOTO BERSAMA: Para kepala sekolah dan Guru SD dalam Seminar Pendidikan yang digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Jawa Tengah. (Dok. Lingkar/Lingkar.news)

Ia juga berharap, kegiatan itu dapat terus berlanjut dan tak berhenti di seminar itu saja.

“Sudah barang tentu para guru yang akan menulis akan kita fasilitasi. Kita ada perwakilan Lingkar Media Group, yaitu Kepala Biro Semarang Raya, yang kebetulan domisili di Kendal yang nantinya secara teknis bisa dikolaborasikan. Intinya, jangan sampai kegiatan yang baik ini putus hanya sebatas ini saja. Tetapi harus ada aksi nyata bahwa kegiatan ini sampai ke sasaran membangun adik-adik gemar membaca dan menulis,” tambah Agsun.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M. Ganinduto melalui Sekda Kendal Sugiono berharap, kegiatan ini dapat menjadi langkah bagi kepala sekolah maupun guru dalam pengembangan diri dan meningkatkan kompetensi, serta dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

“Penulisan karya ilmiah merupakan kegiatan yang sangat penting bagi seorang pendidik yang profesional. Karena selain untuk memperoleh angka kredit kenaikan pangkat atau golongan dan keperluan pemenuhan portofolio, tetapi juga untuk peningkatan kualitas pengelolaan kelas, kualitas layanan kepada peserta didik, dan juga peningkatan profesionalisme para guru pendidik,” papar Sugiono.

Dirinya juga memberi apresiasi kepada Lingkar Media Group, atas komitmen untuk bersama-sama membangun peradaban melalui seminar pendidikan yang bertujuan untuk membudayakan gemar menulis karya ilmiah.

“Kita berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan keterampilan dalam menulis karya ilmiah,” tandasnya.

Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Disdikbud Kendal Ninik Chaeroni yang juga menjadi pemateri menyebutkan, penulisan karya ilmiah merupakan kegiatan yang sangat penting bagi seorang pendidik yang profesional.

“Karena dapat meningkatkan kualitas diri, menjaga kemuliaan guru di mata murid, mengembangkan profesionalisme, memperluas manfaat, membuka pintu kolaborasi, membangun sumber belajar,” ujarnya.

Ditambahkan, sebagai bentuk pengembangan profesi guru dapat dilakukan dengan mengikuti kegiatan pengembangan diri seperti bimbingan teknis, workshop, diklat, seminar dan lain sebagainya.

“Guru juga dapat membuat dan mengembangkan publikasi ilmiah serta karya inovatif,” tambahnya.

Ninik berharap, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempersiapkan guru, Kepala Sekolah untuk pengembangan diri dan meningkatkan kompetensi serta dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas, yang berpihak kepada siswa di Kabupaten Kendal.

“Diharapkan para guru akan lebih bersemangat untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya. Semoga Seminar Pendidikan ini dapat memberikan suatu solusi untuk menciptakan pembelajaran inovatif di era 4.0,” tuturnya. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Koran Lingkar)