Lompat ke konten

Dinnakerind Demak Dukung IKM Batara Art & Craft Terus Berkembang, Pernah Ikuti Pameran di China

DEMAK, Lingkar.news – Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Dinnakerind) Kabupaten Demak, Jawa Tengah terus mendukung agar Industri Kecil dan Menengah (IKM) binaannya, yaitu Batara Art & Craft agar terus berkembang.

Batara Art & Craft merupakan salah satu IKM binaan Dinnakerind Demak yang pernah mengikuti pameran International di Shijiazhuang Hebei, China.

Pemilik IKM Batara Art & Craft, Kusmanto yang mempunyai basic kesenian sekaligus alumni ISI Yogyakarta ini mengatakan bahwa, usahanya tersebut berdiri sejak tahun 2020.

“Awal berdiri tahun 2020, mencoba bergabung dengan perajin craft yang ada di Demak, mencoba sesuatu yg baru. Tetapi pernah iseng-iseng dikerjakan di Jogja, membuat kerajinan-kerajinan dari kulit sapi atau kambing dengan jahitan manual untuk membuat tas, dompet dan lain-lain,” kata Kusmanto, pada Jumat, 28 Juli 2023.

POTRET: Penghargaan usai mengikuti pameran international di Shijiazhuang Hebei, China. (Muhammad Burhanuddin Aslam/Lingkar.news)

Pada tahun 2022 ketika melihat media sosial, lanjutnya, dirinya tertarik dengan Lukis Bakar Solder untuk kemudian mencoba mempraktikkannya.

“Terus mencoba Lukis Bakar Solder membeli alatnya dari online untuk berkreasi lukis potret dengan Solder (tahun, red) 2022,” ujar pemilik IKM binaan Dinnakerind Demak itu.

Ia mengatakan, saat ini dirinya tengah mempersiapkan batik lukis yang rencananya bakal diikutkan dalam Kompetisi Art UOB Jakarta, sekaligus merancang untuk mengikuti Dekranasda dalam agenda Demak Expo pada tanggal 2-5 Agustus mendatang di Tembiring, Demak.

“Semua craft yang saya punya ada di stan Dekranasda Demak dan nanti juga live perform lukis solder dan lain-lain di stan. Agenda Januari 2024 Pameran Seni Rupa di oudetrap Semarang,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya pernah mengikuti pameran di China.

“Untuk Lukisan, saya pernah mengikuti pameran internasional di Shijiazhuang Hebei China,” ungkapnya.

Meski demikian, ia mengaku bahwa pemasaran produknya belum merambah ke luar negeri karena terkendala Sumber Daya Manusia (SDM).

“Belum pernah, untuk penjualan craft karena SDMnya masih one man show, jadi order by pesanan, belum merambah ke penjualan online yang serius. Soalnya masih dalam mengumpulkan karya dengan jumlah tertentu dan pengajuan pameran tunggal Lukisan berkolaborasi batik, sekaligus fashion show, pengennya,” tandasnya.

Disisi lain Kepala Dinnakerind Demak Agus Kriyanto mengatakan bahwa, pihaknya terus mendorong pelaku IKM binaannya agar semakin berkembang dan maju.

Terkait pemasaran, Dinnakerind Demak juga berharap agar pelaku IKM dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu memperluas wilayah pemasaran.

“Kami terus mendukung para pelaku IKM binaan kita untuk terus maju dan berkembang, dari segi pemasarannya kami selalu dorong mereka untuk melek terhadap kemajuan teknologi,” kata Agus Kriyanto. (Lingkar Network | Muhammad Burhanuddin Aslam – Koran Lingkar)