Lompat ke konten

Dinkominfo Demak Beri Pelatihan Jurnalistik kepada Bakohumas

DEMAK, Lingkar.news – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Demak, Jawa Tengah memberikan pelatihan kepada perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tergabung dalam Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas).

Pelatihan tersebut terkait gambaran dalam membuat pemberitaan, penulisan atau penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

Hal ini sebagai upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak dalam meningkatkan branding Kabupaten Demak untuk penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

Sekretaris Dinkominfo Demak, Indrijantoro Widodo menyampaikan bahwa, dengan dibentuknya Bakohumas ini, OPD turut menyebarluaskan informasi kepada masyarakat terkait program kerja atau pun mempromosikan program pelayanan masyarakat yang ada di masing-masing OPD.

“Teman-teman ini nantinya akan ditugaskan untuk menulis dan menyebarluaskan informasi tentang kebijakan, program-program dari OPD masing-masing,” kata Sekretaris Dinkominfo, Widodo.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Agus Pramono menyampaikan bahwa, tugas dari Bakohumas tersebut untuk menyebarkan informasi secara luas kepada masyarakat.

“Ini kita manfaatkan untuk membranding Kabupaten Demak, yang terupload di masing-masing OPD nantinya bisa ambil yang berkualitas, bisa kita upload di website resmi Pemkab Demak demakkab.go.id. Sehingga masyarakat bisa lebih paham betul apa sih yang dikerjakan oleh pimpinan daerah,” terangnya.

Selain itu, tambahnya, masyarakat juga tidak termakan isu-isu hoaks yang bersifat menjatuhkan nama baik pimpinan daerah.

“Ini bukan mencari sebuah pembenaran, namun ini sebagai keterbukaan informasi yang harus dilakukan,” ujarnya.

Di sisi lain Pranata Humas Ahli Muda, Rudyanto mengungkapkan bahwa perwakilan dari OPD yang tergabung dalam Bakohumas harus mempunyai kemampuan menulis berita, fotografi jurnalistik, dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

Dengan adanya pembekalan oleh Dinkominfo Demak ini, para perwakilan dari OPD yang tergabung dalam Bakohumas dapat memberikan informasi secara akurat kepada masyarakat.

“Diharapkan dapat meningkatkan transparansi, akurasi, dan kecepatan informasi kepada masyarakat, sekaligus memperkuat peran Humas dalam menciptakan kebijakan yang berorientasi pada kepentingan publik,” pungkasnya. (Lingkar Network | Muhammad Burhanuddin Aslam – Lingkar.news)