Lompat ke konten

Debat Pilpres 2024 Perdana Digelar Malam Ini, Ini Link Live Streaming-nya

JAKARTA, Lingkar.news Debat perdana calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU, Jakarta, pada Selasa, 12 Desember 2023.

KPU RI juga menyampaikan informasi bahwa, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan debat perdana capres Pemilu 2024 dengan cara live streaming di channel YouTube KPU RI malam ini, pukul 19.00 WIB. Hal ini disampaikan melalui Instagram resmi KPU RI @kpu_ri .

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, debat perdana ini akan diikuti oleh ketiga calon presiden (capres) Pemilu 2024.

Debat Pilpres 2024 Perdana Malam Ini, Capres Diberi Kesempatan Saling Sanggah 3 Menit

“Siapa yang berdebat? Ya untuk Selasa malam (12 Desember 2023) kesempatan pertama pada debat capres-cawapres, di panggung untuk berdebat hanya capresnya saja,” ujar Hasyim.

Adapun untuk durasi debat akan berjalan selama 150 menit. Meski demikian, durasi khusus debatnya 120 menit atau 2 jam. Selama itu, akan ada 6 segmen yang dipisah dengan jeda iklan.

“Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama itu nanti saya sampaikan bahwa panelis akan menyusun 18 pertanyaan. Itu kan ada 6 segmen, berarti ada 3 pertanyaan yang disiapkan untuk masing-masing segmen,” jelasnya.

Kemudian, masing-masing capres akan mengambil pertanyaan yang sudah disiapkan para panelis secara acak. Setelah capres A menjawab, capres B dan C akan diberi kesempatan untuk menanggapi.

“Setelah menanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear (jelas) di bagian perdebatan itu. Tapi pada dasarnya di bagian awal sebelum masuk kepada pertanyaan, masing-masing diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi program sesuai dengan tema,” ucap Hasyim.

Untuk diketahui, tema debat perdana ini adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)