Lompat ke konten

Debat Perdana Cawapres Pilpres 2024, Giliran Gibran Sampaikan Visi Misi

JAKARTA, Lingkar.news – Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Hasyim Asy’ari, menetapkan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menjadi peserta pertama yang menyampaikan visi misi pada debat Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023.

“Saudara sekalian yang perlu diketahui bahwa pada debat yang pertama kemarin pada 12 Desember, urutan penyampaian visi misi program dimulai oleh calon presiden nomor urut 1. Pada debat kedua nanti, visi misi program akan dimulai oleh calon wakil presiden nomor urut 2 dan seterusnya,” ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis, 21 Desember 2023.

Tema debat capres cawapres 2024 kedua mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Hasyim menjelaskan bahwa peserta pertama yang menyampaikan visi misi program saat debat sesuai dengan nomor urut pasangan capres dan cawapres presiden.

Pihaknya mencontohkan pada debat pertama, capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang menjadi orang pertama menyampaikan visi misinya. Lalu, pada debat ketiga, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo akan menjadi yang pertama menyampaikan visi misinya.

“Besok debat ketiga akan dimulai oleh calon presiden nomor urut 3 dan debat yang keempat dan seterusnya,” jelas Hasyim.

Selain itu, sambung Hasyim, durasi debat akan berjalan sama seperti debat sebelumnya, yakni 150 menit, dengan durasi khusus debat 120 menit dan terdiri dari enam segmen. Format debat pun tak berubah dari format debat capres sebelumnya.

Ketua KPU mengatakan bahwa segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja. Kemudian ditutup dengan penyampaian pernyataan kesimpulan oleh masing-masing cawapres pada segmen keenam.

KPU RI pada 13 November 2023 menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (Lingkar Network | Ant – Koran Lingkar)