Lompat ke konten

Bupati Harap Festival Megengan dan Kirab Budaya Jadi Pemantik Hidupkan Seni Budaya Demak

DEMAK, Lingkar.news – Festival Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali tahun 2024 telah digelar di kawasan Alun-Alun Demak, Jawa Tengah, pada Senin, 11 Maret 2024. Acara ini berlangsung meriah dan berjalan lancar.

Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan bahwa, Megengan merupakan salah satu tradisi untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Festival Megengan sarat akan makna nilai-nilai budaya.

“Alhamdulillah, menyambut Ramadhan 1445 Hijriah ini, kita dapat melaksanakan kembali tradisi Megengan. Tidak hanya sebagai sebuah tradisi, tetapi Festival Megengan ini sarat akan makna, nilai-nilai budaya dan kebersamaan, sekaligus menjadi bagian dari upaya kita untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah,” kata Bupati Eisti’anah, pada Senin, 11 Maret 2024.

Sambut Ramadhan, Pemkab Demak Siap Gelar Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali

Ia berharap, kegiatan tersebut mampu menjadi pemantik semangat generasi muda untuk terus menghidupkan ruang seni dan budaya di Kabupaten Demak.

“Jangan sampai seni budaya yang telah terawat dengan baik menjadi luntur, dan terdegradasi oleh perilaku-perilaku yang menyimpang dari nilai-nilai luhur bangsa. Mari kita nguri-uri budaya yang sudah turun menurun dan melekat di Kota Wali ini,” harapnya.

Bupati Eisti’anah sangat mengapresiasi dan bangga karena kegiatan Megengan kali ini bertambah semarak dengan kirab budaya yang menampilkan beragam atraksi dan kesenian khas daerah.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan berkontribusi dalam kegiatan ini sehingga berjalan lancar,” ujarnya.

MENARI: Para peserta menampilkan tarian tradisional di hadapan Bupati Demak beserta Forkopimda dalam acara Festival Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali, pada Senin, 11 Maret 2024. (Muhammad Burhanuddin Aslam/Lingkar.news)

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dinparta) Kabupaten Demak, Endah Cahyarini menyampaikan bahwa terselenggaranya festival tersebut karena dukungan, gotong royong dan sinergi dari seluruh pihak.

“Kami tidak akan mungkin melaksanakan hajat ini tanpa dukungan dan bantuan dari banyak pihak. Terima kasih kepada pimpinan dan semua pengisi acara,  juga sponsor dari Bank Jateng Cabang Demak dan semua pihak yang telah membantu suksesnya acara ini,” kata Kepala Dinparta Demak, Endah Cahyarini.

Endah menjelaskan, dalam Festival Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali 2024 terbagi dalam 6 kegiatan, yakni Festival Foot Truck dan pameran UMKM, Melody di Ujung Senja, Festival Megengan, Kirab Budaya Kota Wali, Lomba Foto dan Video sekaligus Pasar Rakyat.

Diketahui, antusias masyarakat sangat tinggi dalam Festival Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali. Bahkan, tampak puluhan ribu masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang tua tumpah ruah di sekitaran Alun-Alun Demak dan Masjid Agung untuk melihat pertunjungan menarik dari para peserta.

Adapun sebanyak 13 penampilan dari peserta didik maupun komunitas dengan jumlah kisaran 1.000-an lebih tampil di depan panggung kehormatan.

Tahun ini juga menghadirkan delegasi dari Kabupaten/Kota tetangga untuk turut meramaikan festival tersebut. Yakni Kabupaten Semarang, Kota Semarang, dan Kota Salatiga.

Para peserta dengan apik mempertontonkan berbagai kesenian budaya di hadapan Bupati Demak beserta Forkopimda. (Lingkar Network | Muhammad Burhanuddin Aslam – Lingkar.news)