Lompat ke konten

Bertemu Warga Curug Sewu Kendal, Sandiaga Uno Tegaskan Komitmennya untuk Kembangkan Pariwisata

KENDAL, Lingkar.news – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri bazar dan senam bersama di Pasar Minggu, Desa Curug Sewu Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Minggu, 21 Januari 2024.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga Uno mendatangi para kader dan simpatisan di lokasi Pasar Minggu Curug Sewu dengan berlari sejauh 5 kilometer dari Destinasi Wisata Omahe Opa Desa Sidodadi, Patean.

Sandiaga Uno yang sekaligus sebagai Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menegaskan bahwa PPP adalah partai yang peduli dengan pengembangan sektor pariwisata.

Ia menyampaikan, Kabupaten Kendal memiliki potensi pariwisata menjanjikan, satu di antaranya adalah Curug Sewu yang berlokasi di Kecamatan Patean, Kendal, Jawa Tengah.

“Sebagai partai yang peduli pariwisata, PPP kita akan lebih mempromosikan Curug Sewu ini yang dulu menjadi ikon andalan pariwisata di Kabupaten Kendal. Oleh karena itu nanti kita akan koordinasi dengan Bupati untuk pengembangan Curug Sewu ke depan,” ungkap Sandiaga Uno.

Menurutnya, pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diyakininya mampu menjawab masalah pengangguran. Mengingat sektor pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif mampu menciptakan enam kali lapangan kerja dibandingkan sektor industri. 

“PPP adalah Partai Pencipta Pekerjaan, dan kita akan ciptakan lapangan kerja yang berkaitan dengan pariwisata dan ekonomi kreatif. Itu yang menjadi harapan kita,” tandasnya.

Ketua DPC PPP Kendal Abdul Syukur menjelaskan, DTW Curugsewu pernah menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten Kendal. Namun hingga masa akhir kepemimpinan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, visi Kabupaten Kendal sebagai pusat pariwisata yang terus digaungkan belum terlihat. 

“Salah satu visi Bupati Kendal adalah menjadikan Kendal sebagai pusat pariwisata di Jawa Tengah. Tetapi sampai mendekati akhir periode kepemimpinan Bupati Dico, visi Kendal sebagai pusat pariwisata belum terlihat,” beber Abdul Syukur yang juga mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Kendal Dapil 4 (Sukorejo, Pageruyung, Patean dan Plantungan).

Untuk itu, PPP sebagai Partai yang Peduli Pariwisata menghadirkan dan mengajak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno untuk meninjau langsung kondisi Desa Wisata Curug Sewu. Ia mengungkapkan, usai dilakukan peninjauan perlu dilakukan revitalisasi yang dapat menggaet wisatawan domistik maupun mancanegara.

“Disamping itu perlu ditumbuh kembangkan ekonomi kreatif berupa pengembangan UMKM yang mendukung Desa Wisata Curug Sewu. Pak Sandi tadi menyarankan agar Bupati Kendal bisa mengusulkan dan bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan pihak swasta untuk menjadikan pariwisata Curug Sewu mendunia,” ungkapnya.

Ia menyatakan, Sandiaga Uno sangat mendukung pengembangan Daya Tarik Wisata (DTW) Curug Sewu yang dinilai nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, pemberdayaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup. 

“Hal ini selaras dengan tema Dari Desa Untuk Indonesia Bangkit, Pariwisata berkelas dunia. Dengan demikian sektor pariwisata dapat menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional,” tutup Ketua DPC PPP Kendal. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Lingkar.news)