Lompat ke konten

Berkah Banjir di Jepara, Warga Manfaatkan Sawah Jadi Spot Tangkap Ikan

JEPARA, Lingkarjateng.id Hujan mengguyur hampir seluruh penjuru Kabupaten Jepara yang menyebabkan air sungai meluap dan sebagian daerah terendam banjir, termasuk areal persawahan. Kondisi tersebut dimanfaatkan warga untuk memancing ikan.

Salah satunya Anton, warga Desa Paren, Kecamatan Mayong yang memanfaatkan kondisi hujan untuk mencari ikan di sungai menggunakan jaring ikan. Menurutnya, turunnya hujan perlu disikapi dengan cara yang positif.

“Hujan itu berkah, jangan dibuat masalah,” ujar Anton, Kamis, 14 Maret 2024.

Anton pun menggunakan ikan hasil tangkapannya sebagai lauk sahur dan buka puasa sekeluarga. Meskipun sedikit, namun ia mengaku cukup dengan hasil yang ia dapatkan setiap kali menjaring.

“Walau hasil jaringan cuman sedikit dan kecil-kecil, tapi bermanfaat buat keluarga untuk lauk makan bersama,” sambungnya.

Aksi menjaring ikan itu juga dilakukan Roni. Dia mengaku memang sering memanfaatkan waktu di sela-sela kesibukannya untuk mencari ikan. Cuaca hujan dan volume sungai meningkat ia manfaatkan untuk mengais keberuntungan bersama teman-teman lainnya untuk menjaring ikan.

“Biasanya kalau mau mancing harus nyari spot dulu. Tapi ini di dekat rumah bisa cari ikan juga, jadi tidak perlu pergi jauh-jauh,” terangnya.

Meski ia menikmati kondisi banjir ini, namun ia berharap air segera surut agar seluruh masyarakat bisa beraktivitas seperti biasanya. (Lingkar Network | Muhammad Aminudin – Lingkarjateng.id)