Lompat ke konten

Beri Kenyamanan Wisatawan, Sekda Jepara Minta Pengelola Jaga Kebersihan Objek Wisata

JEPARA, Lingkarjateng.id Para pengelola objek wisata di Kabupaten Jepara diminta untuk selalu menjaga kebersihan lokasi. Karena kebersihan bisa memberikan rasa nyaman kepada wisatawan yang berkunjung.

Jika pengunjung nyaman berlibur di destinasi wisata dengan lingkungan yang bersih, bisa membawa keuntungan juga untuk UMKM dan sektor-sektor lain.

Oleh sebab itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko menegaskan bahwa pengelola wisata wajib berupaya menjaga kebersihan secara maksimal. Ia pun menegaskan bahwa hal ini tidak bisa ditawar, karena kebersihan akan membuat wisatawan merasa nyaman.

Pihaknya menekankan pentingnya menjaga objek wisata, tempat makan, tempat bersantai, kios, bahkan fasilitas toilet agar bersih dan rapi semaksimal mungkin.

“Maka menjaga kebersihan lokasi wisata dan memberi kenyamanan kepada wisatawan, tak bisa ditawar. Itu harus kita berikan semaksimal mungkin,” kata Sekda Edy saat memberi arahan dalam acara pembinaan pelaku wisata Pantai Kartini dan Pantai Bandengan, Jepara.

Ia juga mengingatkan bahwa kamar mandi dan toilet di hotel juga harus bersih. Agar wisatawan nyaman saat menginap.

“Bahkan harga sewa kamar hotel sangat ditentukan kamar mandinya. Hotel yang mahal itu pasti kamar mandinya bagus dan bersih,” tegasnya.

Selain kebersihan dan kerapian, Sekda Edy juga berpesan agar tidak ada pedagang yang menjual harga makanan dan minuman dengan harga yang tidak mahal.

“Itulah mengapa, kami pemerintah daerah mewajibkan pencantuman harga makanan agar tidak ada yang nengkik,” tuturnya.

Diketahui, kegiatan itu berlangsung di Aula Museum R.A. Kartini, Jepara pada Rabu, 27 Desember 2023. Selain Sekda Jepara Edy Sujatmiko, turut hadir juga sebagai pemateri yaitu Dosen UKSW Semarang Eko Suseno. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)