Lompat ke konten

Bawakan Baja Kuad, Satpol PP Demak Ikut Meriahkan Pawai Praja di Solo

DEMAK, Lingkar.news – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Demak, turut memeriahkan Pawai Praja dengan menampilkan Beladiri dan Barongan Praja Wibawa Kabupaten Demak (Baja Kuad).

Gelaran Pawai Praja yang digelar di Kota Solo pada Rabu, 6 Maret 2024 ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke-74, Satlinmas ke-62 dan Pemadam Kebakaran yang ke-105 di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Ribuan anggota Satpol PP, Satlinmas, Damkar dari 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah memadati jalan untuk meriahkan gelaran tersebut. 

Pawai Praja dimulai dari Stadion Sriwedari Solo- Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di Jalan Jendral Sudirman, Balai Kota Solo. 

Plt Kepala Satpol PP Demak, Agus Sukiyono menyampaikan bahwa rangkaian perayaan HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar tidak hanya digelar serentak di tingkat nasional, tapi juga tingkat provinsi dan kabupaten. 

“Kemarin tanggal 3 Maret itu di tingkat nasional dilaksanakan upacara di Sumatra Barat. Kemudian kemarin, tanggal 5 di tingkat Kabupaten Demak sendiri kami mengadakan bakti sosial berupa pembagian bantuan berupa paket sembako dan donor darah,” kata Agus Sukiyono, 

Kemudian pada perayaan HUT di tingkat Provinsi Jawa Tengah, diikuti oleh 2000 orang dari anggota Satpol PP, Satlinmas dan Damkar dari seluruh Kabupaten/Kota se-Jateng. 

“Disana para peserta menampilkan berbagai aksi dan atraksi seni sekaligus keterampilan menghibur warga yang menyaksikan pawai,” imbuhnya. 

Tak kalah meriah dengan yang lain, kata dia, Satpol PP Demak membawakan tema Baja Kuad dengan menampilkan aksi bela diri serta atraksi barongan. 

“Kami dari Satpol PP Demak membawakan tema Baja Kuad dengan menampilkan peragaan bela diri yang berkombinasi dari berbagai tekhnik bela diri Pencak Silat, Karate dan Tarung Drajat sekaligus menampilkan atraksi-atraksi Barongan Praja,” ujarnya. 

Agus pun berharap dengan peringatan HUT Satpol PP, Linmas dan Damkar tahun 2024, dapat meningkatkan kinerja dalam menjalankan tugas dan fungsinya lebih baik lagi. (Lingkar Network | M Burhanuddin Aslam – Lingkar.news)