Lompat ke konten

Banjir Makin Tinggi, Ribuan Warga Dorang Jepara Dievakuasi

JEPARA, Lingkarjateng.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara melakukan evakuasi korban bencana banjir di Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara, pada Sabtu malam, 16 Maret 2024.

BPBD Jepara mengevakuasi sekitar 3000 jiwa yang ada di 3 dukuh terdampak, yaitu di Dukuh Dorang Kidul, Dukuh Gempol, dan Dukuh Tapen.

“Pengungsi saat ini ditampung di SD belakang Balai Desa Dorang, dan malam ini dapur umum (DU) juga kita aktifkan di Balai Desa Dorang. Sehingga total kita sudah mendirikan 3 DU, yaitu di Desa Sowan Kidul Kecamatan Kedung, Desa Batukali Kecamatan Kalinyamatan, dan di Desa Dorang Kecamatan Nalumsari,” kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Jepara, Arwin Noor Isdiyanto saat dihubungi.

Arwin menjelaskan bahwa, banjir di Desa Dorang dimulai pada malam Jumat, 14 Maret 2024. Dimana pada siang tadi ketinggian air mencapai 1-1,5 m, yang kemudian hingga magrib debit air terus mengalami kenaikan sehingga warga meminta untuk dievakuasi.

Pihaknya pun mengungkapkan, penyebab banjir di Desa Dorang tersebut berasal dari limpahan air dari Kabupaten Kudus.

“Jalan lingkar Kudus saat ini kan banjir, nah airnya itu mengalir ke arah barat ke daerah Blimbing dari situ kemudian mengalir lagi ke Desa Dorang. Jadi kalau tahun kemarin banjirnya dari sungai SWD 1, kalau saat ini dari limpahan dari Kudus,” terangnya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Lingkarjateng.id)